Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Pasangan Calon yang Daftar di Pilkada Natuna Lulus Tes Kesehatan
Oleh : Surya
Rabu | 05-08-2015 | 17:25 WIB
Ketua kpu natuna.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Natuna Affuandris

BATAMTODAY.COM, Natuna-Lima pasangan bakal calon (balon) yang akan bersaing dalam pemiluhan umum kepala daerah (Pemilukada) Natuna 2015 dinyatakan lulus tes kesehatan. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Natuna Affuandris di Ranai, Rabu (5/8/2015).


“Untuk hasil tes kesehatan yang dilakukan di RSBP Batam 30-31 Juli sudah keluar dan diserahkan ke Balon. Semuanya dinyatakan lulus kesehatan jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba,” kata  Affuandris.

Kini, KPU Natuna tinggal menunggu berkas para calon terkait audit hasil kekayaan dan keterangan tidak pailit yang dilakukan lembaga berkompeten.

Sementara untuk berkas dukungan bagi pasangan yang maju lewat jalur perorangan (independen), KPU masih menunggu berkas perbaikan dan pasangan Dedi Yanto (Atet) – M. Yunus. Sedangkan pasangan balon independen lainnya yakni Ilyas – Wan Aris sudah menyerahkan berkas perbaikan, Selasa (4/8/2015).

Sebelumnya KPU menyaratkan kewajiban menambah data dukungan sebanyak 1.200 lebih bagi pasangan Ilyas – Wan Aris. Namun menurut Affuandris, pasangan dengan jargon Ilyas Berwaris itu sudah memasukkan berkas perbaikannya dengan mengumpulkan tambahan 3000 lebih KTP dukungan.

“Kami masih menunggu satu pasangan independen lainnya, yakni Dedi Yanto dan M. Yunus, waktunya kan masih diberikan dari tanggal 4 – 7 Agustus,” ujarnya.

Kelima pasangan calon yang mendaftar Pilkada serentak di Natuna adalah pasangan bupati petahana (incumbent0 Ilyas Sabli – Wan Aris Munandar melalui jalur independen. Lalu, pasangan wakil bupati petahana Imalko-Mustamin Bakrie didukung Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS.

Kemudian pasangan Rodial Huda dan Rusdi yang didukung oleh PDIP dan Partai Hanura. Pasangan mantan Bupati Natuna Hamid Rizal-Ngesti Yuni Suprapti (istri mantan Bupati Natuna Daeng Rusnadi) didukung Partai Golkar dan Partai Gerindra.  Terakhir pasangan Dediyanto dan M Yunus dari jalur independen.

Editor : Surya