Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Era Kebangkitan Industri Galangan Kapal Nasional
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-08-2015 | 09:37 WIB
industri_galangan_kapal_di_batam_net.jpg Honda-Batam
Salah satu industri galangan kapal di Batam. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Makassar - Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mengatakan, saat ini adalah era terbaik bagi industri perkapalan nasional. Apalagi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah mewajibkan agar badan usaha milik negara (BUMN) membeli kapal dari industri galangan  kapal dalam negeri sebagai upaya mewujudkan target Indonesia sebagai poros maritim dunia dan mengoptimalkan transportasi laut.

"Ini membuka optimisme kita, terutama rekan-rekan pengusaha galangan dan pekerjanya. Ini juga menegaskan bahwa saat ini merupakan era terbaik bagi industri perkapalan. Artinya, pemerintah bukan hanya berwacana memberikan keberpihakan tapi lebih dari itu, Presiden berani mengambil langkah konkret mewajibkan pembelian kapal dari domestik," kata Saleh saat meninjau industri galangan kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI) di Makassar, Senin (3/8/2015), seperti dikutip dari laman kementerian.
 
Menurutnya, sebagai industri strategis perkapalan berperan vital dalam mendukung konektivitas antarwilayah di Indonesia melalui optimalisasi transportasi laut. Karena itu industri ini harus mampu menopang dan mendukung pengembangan armada kapal nasional, baik melalui pembangunan kapal baru maupun jasa reparasi.

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan ke Batam, 21 Juni 2015 lalu, Jokowi sempat mengatakan bahwa industri perkapalan dalam negeri tak kalah dengan luar negeri. Bahkan saat meninjau sejumlah industri galangan kapal di Batam, Jokowi memprioritaskan agar BUMN membeli kapal produk lokal daripada memesan ke luar negeri. (*)

Editor: Roelan