Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usman Taufik Tersandung Kasus Baju Dinas Satpol PP, KPU Lingga Pertimbangkan Kelayakannya
Oleh : Nurjali
Jum'at | 31-07-2015 | 15:51 WIB
Irham Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lingga..jpg Honda-Batam

PKP Developer

Irham, Ketua Divisi dan Pengawasan KPU Lingga. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Salah satu bakal calon Bupati Lingga, Usman Taufik, diduga tersandung kasus dugaan korupsi pengadaan baju dinas di Kantor Satpol PP Provinsi Kepulauan Riau. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga akan mempertimbangkan apakah yang bersangkutan akan lolos sebagai calon bupati atau tidak.

"Salah satu persyaratan untuk lolos saat pendaftaran awal adalah surat kelakuan baik atau SKCK. Jika nanti di SKCK itu disebutkan sedang menjalani proses hukum, maka dapat kita pertimbangkan apakah akan di loloskan atau tidak," kata Irham, Ketua Divisi Bidang Hukum dan Pengawasan, KPU Lingga, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (31/07/15).

Dijelaskan, meskipun bakal calon tersebut saat ini sedang diperiksa oleh pihak berwajib, namun selama pemeriksaannya hanya sebagai saksi maka tidak akan menganggu pecalonannya sebagai bakal calon Bupati Lingga. "Hukum kita menganut asas praduga tak bersalah. Jadi, jika belum ada kekuatan hukum yang mengikat, kita tidak mungkin membatalkan pencalonannya," ujar Irham.

Namun jika calon tersebut terpilih sebagai Bupati Lingga dan pada saat bersamaan sang calon dinyatakan bersalah serta menjadi tersangka, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pelantikan calon tersebut akan ditunda sampai ada putusan tetap dari pengadilan.

Sebelumnya Polres Tanjungpinang menyatakan akan mengusut tuntas kasus dugaan korupsi di Kantor Satpol PP Provinsi Kepri yang saat itu dipimpin Usman Taufik yang kini ikut mendaftar sebagai kandidat Bupati Lingga. (*)

Editor: Roelan