Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maju Jadi Wako Batam, Ismeth Bakal Terganjal Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015
Oleh : Ahmad Romadi
Rabu | 15-07-2015 | 14:29 WIB
ismeth-diskusi.jpg Honda-Batam
Ismeth Abdullah bersama wartawan usai diskusi beberapa waktu lalu. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana Gubernur Kepulauan Riau pertama, Ismeth Abdullah, yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Batam, sepertinya bakal terganjal oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2015.

Pada pasal 4 ayat (1) huruf "n" PKPU tersebut dinyatakan, bahwa para calon yang akan mendaftarkan diri belum pernah menjabat sebagai gubernur, wakil gubernur, bupati dan wali kota untuk calon wakil gubernur, calon bupati, calon wakil bupati, calon wali kota atau wakil wali kota.

Kemudian pada pasal 9 huruf "a" disebutkan bahwa syarat calon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf "n" yaitu belum pernah menjabat sebagai gubernur untuk calon wakil gubernur, calon bupati, calon wakil bupati, calon wali kota atau calon wakil wali kota.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Said Sirajudin, juga tak menampik bahwa Ismeth tidak bisa mencalonkan diri menjadi wakil gubernur, bupati atau wakil bupati dan wali kota ataupun wakil wali kota.

"Jadi siapa pun orangnya, kalau tidak memenuhi persyaratan itu tidak bisa maju," katanya, Rabu (15/7/2015).

Dia menegaskan tak bermaksud untuk menghalangi siapapun untuk maju pada pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Namun menurutnya, para calon wajib memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan di PKPU Nomor 9 Tahun 2015.

Sebelumnya, meskipun tidak menyatakan secara langsung akan maju, Ismeth sedikit memberi sinyalemen bahwa ada keinginan mencalonkan diri menjadi Wali Kota Batam karena ingin menjadikan Batam lebih maju. "Saya hanya prihatin saja lihat Batam sekarang ini, padahal dari sudut apapun Batam ini bagus. Seharusnya pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih meningkat," kata Ismeth saat berdialog dengan wartawan di kantor pewakilan Kompas Batam, Jumat (10/7/2015) lalu.

Yang lebih mengejutkan belum lama ini, baliho besar ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H dan juga bertuliskan gerak maju pembangunan Batam, Drs H Ismeth Abdullah untuk Batam 1 terpampang di simpang BNI Gelael. (*)

Editor: Roelan