Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dituding Diskriminatif, Honda Bayar Kompensasi
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-07-2015 | 12:56 WIB
honda_logo_mobil.jpg Honda-Batam
(Foto: brothersoft.com)

BATAMTODAY.COM - Perusahaan pembiayaan Amerika Serikat yang dimiliki Honda bersedia membayar ganti rugi US$24 juta atau sekitar Rp 320 miliar kepada konsumen, setelah dituduh melakukan diskriminasi kepada pembeli dari kelompok minoritas.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat dan Biro Perlindungan Keuangan mengatakan sejak 2011, American Honda Finance Corporation mengizinkan para penyalur mengutip bunga lebih tinggi untuk pinjaman pembiayaan yang diajukan oleh pembeli-pembeli dari kalangan keturunan Afrika, keturunan Hispanik, dan kelompok-kelompok minoritas lain.

Dikatakan konsumen dari kalangan keturunan Afrika harus membayar rata-rata sekitar US$250 lebih besar dibanding pembeli berkulit putih. Sementara warga Amerika Serikat keturunan Asia harus membayar US$150 lebih tinggi. Dengan kompensasi itu, konsumen yang terpengaruh akan menerima ganti rugi.

Perusahaan pembiayaan milik Honda bermarkas di California dan menawarkan paket pembiayaan melalui penyalur-penyalur mobil.

Menanggapi kasus itu, Honda mengatakan pihaknya menentang keras segala bentuk diskriminasi dan akan bekerja sama dengan para penyalur untuk menyesuaikan program-program pembiayaan.

Sumber: BBC