Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arus Mudik Diprediksi Naik 15 - 25 Persen, Maskapai Siagakan Extra-Flight di Hang Nadim Batam
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 03-07-2015 | 08:18 WIB
bandara_hang_nadim_batam_-_petang.jpg Honda-Batam
Bandara Hang Nadim. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Arus penumpang selama periode mudik di Bandara Hang Nadim Batam diperkirakan naik 15 - 25 persen dibanding tahun lalu. Sejumlah maskapai penerbangan juga telah menambah extra-flight dari Batam ke sejumlah daerah di Tanah Air.

"Sesuai pengalaman tahun lalu, arus mudik di Bandara Hang Nadim Batam akan mengalami kenaikan 15-25 persen. Untuk mengantisipasi peningkatan ini, sejumlah maskapai penerangan telah menyatakan kesiapannya untuk menambah armada," ujar Muramis, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, kepada pewarta usai melaksanakan rapat evaluasi penanganan Mudik Lebaran 2015 di Tanjungpinang, Kamis (2/7/2015).

Sejumlah rute yang akan mengalami penambahan frekuensi penerbangan di antaranya dari Batam untuk tujuan Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Medan. Maskapai penerbangan Lion Air, Nam Air, Batik Air, dan City Link, sudah menyatakan kesiapannya untuk menambah armada.

Sementara untuk memastikan adanya pembludakan pemudik ini, pada H-7 dan H-3 Lebaran, operator akan merekap penumpang. Jika memang membludak, barulah dilakukan penambahaan pesawat dan penerbangan tambahan.

"Guna melakukan koordinasi dan mengantisipasi keamanan pemudik, juga akan dibentuk posko yang dapat dikunjungi pemudik serta melaporkan kejadian yang dialami," jelas Muramis.

Selain itu guna mengantisipasi kemacetan di Bandara Hang Nadim, telah tersedia dua jalur masuk dan keluar, sedangkan di Bandara Bandara Raja Haji Fisabililah akan membuat dua jalur pintu keluar.

Mengenai harga tiket, Muramis memastikan tidak ada kenaikan. Hanya saja pemerintah telah menentukan ambang batas harga tiket atau low section. (*)

Editor: Roelan