Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Kepri‎ Ucapkan Bela Sungkawa

Pemprov Kepri Bantu Pemulangan Jenazah Korban Hercules di Medan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 02-07-2015 | 15:44 WIB
hercules_yg_jatuh_di_medan_-_detik.jpg Honda-Batam
(Foto: detik.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi Kepri, menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, yang menyebabkan meninggalnya puluhan anggota TNI, warga sipil dan belasan mahasiswa Natuna yang menumpang pesawat tersebut. 

Hal itu dikatakan Gubernur dan Ketua DPRD Kepri, sebelum melaksanakan, Rapat Paripurna DPRD Kepri dengan agenda mendengarkan Laporan Panitia Khusus (Pansus) LHP-BPK terhadap APBD 2014 Provinsi Kepri, di Gedung DPRD Kepri, Dompak pada Kamis (2/7/2015).

"Sebelum kita Sidang Paripurna ini kita laksanakan, Pimpinan dan Anggota DPRD, serta Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan bela sungkawa yang sangat mendalam, atas tragedi jatuhnya Hercules dan meninggalnya belasan mahasiswa, warga, serta anggota TNI, dalam musibah ini. Semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan tetap tabah dan diberi kekuatan oleh Tuhan yang Maha Esa dalam menghadapi masalah ini dan para korban mendapat tempat yang layak di sisiNya,"‎ kata Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Kepri. 

Dalam kesempatan itu, Jumaga juga mengajak seluruh anggota dan unsur Muspida serta SKPD dan PNS Kepri, mengheningkan cipta untuk arwah korban agar mendapat tempat yang layak. 

Pemprov Kepri Bantu Pemulangan Jenzah Korban Hercules
Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri Muhammad Sani‎ mengatakan telah memerintahkan tim dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, untuk melakukan fasilitasi dan membantu keluarga korban dalam melakukan verifikasi serta evakuasi bagi jenazah mahasiswa dan warga yang akan dibawa dan dikebumikan di Provinsi Kepri. 

"Untuk membantu dan melakukan verifikasi sejumlah mahasiswa dan warga Kepri yang menjadi korban jatuhnya pesawat Hercules ini, saya sudah memerintahkan tim dari Dinas Pendidikan, untuk melakukan koordinasi dan memfasilitasi keluarga korban dalam identifikasi jasad korban mahasiswa serta warga Kepri di Medan," kata Sani.

Dari data jumlah mahasiswa yang menjadi korban, kata Sani, total jumlah mahasiswa asal Kepri yang menjadi korban tragedi Hercules di Medan, sebanyak 15 orang, dan hingga saat ini, baru 5 orang mahasiswa yang identitasnya dapat diidentifikasi bersama keluarga. 

Kelima mahasiswa Natuna yang sudah dapat diidentifikasi itu adalah Karminto, Alfin Syahroni, Robiyanto Wahyu, Riski Putra, Muzawir, dan saat ini diinformasikan sudah diurus oleh tim dan Kekerabatan Keluarga Natuna serta pihak keluarga di Rumah Sakit Adam Malik, Medan. 

"Kita masih tunggu keinginan pihak keluarga, kalau memang dievakuasi dan dikembalikan ke Natuna, akan kita bantu, dengan berkoordinasi dengan TNI AU, dan apapun yang menjadi keinginan pihak ‎keluarga korban akan kita bantu," kata Sani. 

Editor: Dodo