Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pulau Benan di Lingga Juga Jadi Tempat Penangkaran Penyu
Oleh : Nurjali
Kamis | 02-07-2015 | 15:03 WIB
pulau_benan_lingga.jpg Honda-Batam
Pantai Pulau Benan yang berpasir putih. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pulau Benan di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, merupakan salah satu andalan wisata Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan pulau yang juga masuk dalam agenda wisata Wonderful Kepri 2015 ini dijadikan salah satu tempat pelestarian penyu.

"Kami optimis pembiakan anak penyu atau sisik ini. Sekitar ratusan ekor sudah berhasil kami lepas pada pertengahan bulan lalu, dan di sini cocok," kata Gafar, warga Pulau Benan yang melakukan pengembangbiakan penyu ini, Kamis (02/07/15).

Penangkaran penyu yang diambil dari bibit di Pulau Berhala ini sejak setahun lalu mampu memberikan pemandangan wisata baru bagi pengunjung Pulau Benan. Hal ini menurutnya tak lepas dari upaya masyarakat yang sama-sama menjaga ekosistem laut dengan tidak mengganggu penyu-penyu yang hidup di lokasi tersebut.

"Dulu bibitnya kita ambil dari Pulau Berhala, Kecamatan Singkep Selatan. Tapi karena sekarang sudah ada penyu yang mulai berkembang biak dan bertelur, kita tidak lagi membeli dari pulau lain. Sekarang masyarakat yang mendapatkan telur di pantai, kita beli," ujarnya.

Lokasi penangkaran penyu sendiri tak jauh dari pemukiman masyarakat atau hanya beberapa meter dari rumah warga yang berada di sebelah selatan Pulau Benan.

Masyarakat Pulau Benan juga bersyukur dengan keanekaragaman habitat laut di pulau ini. Selain keindahan pantai yang asri, pengunjung di pulau ini juga dapat melihat berbagai macam keanekaragaman habitat laut di pulau ini.

" Ini nantinya akan terus kita kembangkan, dan akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau benan," kata Salim, Sekretaris Desa Benan, dan juga pengelola wisata di pulau ini.

Menurutnya, pengembangan desa benan menjadi pulau yang masuk dalam Wonderful Kepri ini tidak terlepas dari peran pemerintah dalam membantu mengembangkan pulau benan sebagai kawasan wisata melalui SKPD terkait.

"Ini semua tak terlepas dari bantuan pemkab Lingga, baik dinas kebudayaan dan pariwisata, maupun dinas kelautan dan perikanan yang selalu memantau pengembangbiakan penyu di pulau ini," ungkapnya. (*)

Editor: Roelan