Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Inilah Strategi PT ASDP Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 23-06-2015 | 19:14 WIB
pt asdp punggur.JPG Honda-Batam
Pelebaran jalan masuk ke dermaga kapal roro di Pelabuhan Telagapunggur. (Foto: Hadli/BATAMTAODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyambut lonjakan penumpang menjelang hari raya Idul Fitri 1436H, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batam mulai berbenah. Akses masuk ke dermaga kapal roll-on-roll-off (roro) Telagapunggur diperlebar dan mempercepat jam keberangkatan sehingga mengurangi penumpukan di pelabuhan.

"Untuk memperlancar arus kendaraan khususnya saat mudik, kami memperlebar akses pada sekitar ticketing, pemeriksaan, penimbangan kendaraan sebelum masuk kawasan antrean dermaga," kata Dadag Wijanarko, Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Selasa (23/6/2015).

Menurutnya, jalan itu tidak memadai untuk pelayanan saat kendaraan masuk di konter pelayaran ke sejumlah wilayah di Kepri seperti Tanjunguban, Lingga dan Karimun. Selain itu lokasinya juga sempit.

Perbaikan, imbuhnya, akan terus berangsung hingga tujuh hari menjelang Lebaran. "Perbaikan fasiltas diharapkan akan lebih memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna kendaraan yang hendak meninggalkan Batam ataupun kembali ke Batam menggunakan kapal roro," jelasnya.

Kemudian, strategi kedua untuk mengantisipasi lonjakan penumpang adalah pembenahan jam keberangkatan. Setiap kapal yang telah sandar akan langsung berlayar ketika penumpang sudah memenuhi kapasitas kapal.

"Kami akan melayani hingga semua kendaraan dan penumpang terangkut semua. Bahkan sampai dinihari sekalipun agar tidak ada penumpukan di dermaga," terangnya.

Untuk mengantisipasi perubahan cuaca di perairan Kepri, kata Dadag, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak BMKG Hang Nadim Batam. "Bulan-bulan ini arus dan gelombang laut cenderung stabil. Mudah-mudahan tidak akan ada kendala pelayaran. Namun kami akan terus berkoordinasi dengan pihak BMKG memastikan cuaca aman untuk pelayaran," ujarnya.

Selain melayani rute di beberapa wilayah di Kepri, kapal roro ASDP Telagapunggur Batam juga melayani penyeberangan sampai ke Buton, Riau, setelah pelayaran ke Tanjungbalai Karimun. (*)

Editor: Roelan