Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layanan Inovatif dari Infomedia Nusantara

CallMyName, Alternatif Nomor Telepon Konvensional Unggulan
Oleh : Sumantri/Dodo
Rabu | 13-07-2011 | 11:44 WIB
Ruslan-Rustam-(tengah)-Dire.gif Honda-Batam

Ruslan Rustam (tengah) Direktur Digital Media and Rich Content (DMRC) PT infomedia Nusantara. (Foto: Sumantri)

BATAM, batamtoday - Dengan kemajuan teknologi mobile yang semakin pesat, PT Infomedia Nusantara, salah satu anak perusahaan Telekomunikasi Indonesia (Telkom), berkomitemen untuk semakin serius dalam menjalankan bisnis mobile.

Di akhir tahun 2009, Infomedia Nusantara mulai secara agresif melakukan pengembangan yang signifikan terhadap layanan mobile ini, dengan mulai bekerja sama dengan beberapa pihak yang sangat berkompeten di bidangnya, untuk menghadirkan beberapa layanan yang diharapkan memberikan solusi dan nilai tambah.

"Salah satu layanan yang dilaunching adalah 'CallMyName'. Layanan ini tidak membutuhkan handset berteknologi tinggi, pelanggan cukup menggunakan handset low end untuk memanfaatkannya. Kami yakin, dengan usermobile yang tumbuh besar (lebih dari 200 juta di Indonesia) maka layanan ini akan menjadi cara baru untuk menjadi solusi pemasaran berbagai perusahaan," ungkap Ruslan Rustam, Direktur Digital Media and Rich Content (DMRC) PT infomedia Nusantara, kepada batamtoday, di sela-sela Customer Gathering PT Infomedia Nusantara, di Planet Holiday Hotel Batam, Selasa malam, 12 Juli 2011.

CallMyName, menurut Ruslan, merupakan layanan yang dapat digunakan oleh advertiser (pengiklan) untuk membuat alternatif nomor telepon konvensional dengan menggunakan sejumlah alias ("MyName"). Sehingga pengguna seluler dapat lebih mudah untuk berkomunikasi dengan advertiser.

Layanan ini memanfaatkan fitur SMS, sehingga tidak memerlukan handset berteknologi tinggi. Pengguna seluler diuntungkan dengan menggunakan handset low-end. Konsepnya adalah memberikan alternatif cara menghubungi suatu perusahaan yang biasanya adalah memasukkan nomor telepon yang ingin dihubungi lalu dial dan user akan terhubung dengan perusahaan tersebut, tetapi dengan layanan ini, user bisa menggunakan voice atau mengirimkan sms ke short code tertentu untuk menghubungi perusahaan tersebut.

Layanan ini merupakan layanan berlangganan yang mengharuskan perusahaan yang ingin menggunakan layanan ini untuk melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Nama yang didaftarkan atau alias bisa apa saja, seperti nama perusahaan atau nama pribadi, dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan untuk penggunaan karakternya, sistem ini tidak membatasi hanya menggunakan huruf non-roman, tapi juga bisa menggunakan huruf Cina dan Arab.

"Layanan ini bisa merubah kebiasaan pelanggan dalam menggunakan handphone mereka. Selain itu juga bisa memilih jika pelanggan tidak akan menggunakan nomor untuk menelpon karena lebih susah untuk diingat. Setelah pelanggan merasakan manfaat dari layanan 'CallMyName' dijamin mereka akan terus menggunakannya," pungkas Ruslan.