Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ATB Raih Juara Dua Penghargaan di Ajang ICCA 2015
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Jum'at | 19-06-2015 | 11:33 WIB
icca_award.jpg Honda-Batam
Perwakilan ATB saat menerima piagam penghargaan sebagai Juara III pada ajang ICCA 2015. (Foto: Humas ATB)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) kembali menorehkan prestasi. Perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 1995 tersebut meraih dua penghargaan sekaligus pada acara Indonesia Contact Centre Association (ICCA) yang diadakan di Balai Kartini pada awal Mei 2015 dan Gedung Kesenian Jakarta pada awal Juni 2015 lalu.


ICCA didirikan pada tahun 2003 untuk lebih mengoptimalkan peran contact centre. Saat ini asosiasi untuk Contact Centre tersebut memiliki anggota 92 perusahaan dari beragam industri, mulai dari perbankan, asuransi, manufaktur, pemerintahan, hingga telekomunikasi. 

Selain rutin mengadakan kompetinsi antara Contact Centre, asosiasi tersebut juga secara berkala melakukan kegiatan training, seminar, studi banding mengenai contact centre ke beberapa negara. 

ATB meraih Juara III (Silver) untuk kategori The Best Talent Dancing ICCA 2015 dengan tarian Melayu berjudul Rentak di Riak Bujang Dare. Tarian yang dibawakan oleh tujuh karyawan Customer Service ATB tersebut menceritakan keseharian penduduk pesisir di Pulau Batam.

"Kami tidak menyangka bisa menang dan mengalahkan perusahaan-perusahaan besar di kategori tersebut seperti Bank Indonesia yang harus puas hanya meraih medali Bronze atau Juara IV, Bank Mandiri, hingga Bank Central Asia. Padahal baru kali pertama ATB ikut sebagai peserta," ungkap Customer Service Manager ATB, Maria Jacobus.

Juara I (Platinum) pada kategori The Best Talent Dancing ICCA 2015 adalah Icon + (PLN Bali), dan Juara II (Gold) adalah Ditjen Bea Cukai. Ajang ICCA 2015 tersebut memang diikuti beragam instansi dari seluruh Indonesia, baik lingkup lokal, maupun nasional. 

Lanjutnya, selain meraih Juara III untuk kategori The Best Talent Dancing, ATB juga sukses meraih Juara III (Silver) untuk Lomba Presentasi Individu Kategori Back Office bellow 30 Seats pada ajang ICCA 2015. Presentasi tersebut dibawakan oleh salah satu staf Customer Service ATB Hera Sasmita.

"Lomba presentasi tersebut juga baru pertama kali diikuti oleh ATB. Perwakilan ATB awalnya sempat down dan tidak yakin bisa lolos ke tahap berikutnya. Sebelum mengikuti lomba presentasi, para peserta harus mengikuti babak penyisihan berupa test tertulis. Ada 50 pertanyaan yang diajukan seputar Contact Center. Apalagi saingan pada lomba tersebut juga banyak dan berasal dari perusahaan-perusahaan besar," tutur Maria.

Namun tanpa disangka, Maria melanjutkan, perwakilan ATB lolos ke babak final untuk pemaparan presentasi sekitar 15 menit dan menjawab satu pertanyaan yang dipilih secara acak melalui fishbowl dari dewan juri yang merupakan praktisi contact center nasional dan internasional.

"Keberhasilan ATB meraih Juara III (Silver) membuat tim ATB berhak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Site Visit Benchmarking Contact Centre di Thailand pada Agustus 2015 mendatang. Tim ATB akan melihat bagaimana contact centre di Thailand," jelasnya.

Untuk juara I (Platinum) Lomba Presentasi Individu Kategori Back Office bellow 30 Seats pada ajang ICCA 2015 diraih Perusahaan Gas Negara (PGN), Juara II (Gold) diraih Bank Indonesia, dan Juara IV (Bronze) diraih oleh Indosat IM2.

"Prestasi yang ATB raih tersebut membuktikan bahwa ATB bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar, dengan instansi pemerintah yang berskala nasional. Tahun depan mudah-mudahan ATB bisa menorehkan prestasi yang lebih baik pada ajang ICCA," harapnya.

Editor: Dodo