Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Kepri Siapkan Rp 2,4 Triliun Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Selama Ramadhan dan Idul Fitri
Oleh : Roni Ginting
Senin | 15-06-2015 | 13:10 WIB
uang_banyak.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sesuai siklus tahunan, periode Ramadhan dan Idul Fitri terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai seiring peningkatan transaksi di masyarakat.

Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri mengatakan, kebutuhan uang selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2015 diperkirakan meningkat 10 persen dari tahun lalu.

"Jumlah kebutuhan uang diperkirakan mencapai Rp 2,4 triliun atau meningkat 10 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp 2,2 triliun," kata Gusti, Senin (15/6/2015).

Lanjutnya, untuk kebutuhan yag pecahan besar (Rp 20.000 ke atas) diproyeksikan sebesar Rp 2,2 triliun. Untuk kebutuhan uang pecahan kecil (Rp 10.000 ke bawah) sebesar Rp 0,2 triliun.

"Perkiraan outflow (uang keluar dari Bank Indonesia) selama Ramadhan paling besar kepada perbankan Rp 2,33 triliun dan sisanya Rp 0,07 triliun akan dilakukan penukaran oleh masyarakat secara langsung," terang Gusti.

Sedangkan persediaan uang tunai menghadapi Ramadhan danIdul Fitri, Gusti mengatakan telah mencukupi. Adapun beberapa langkah dan persiapan yang dilakukan adalah mencukupi persediaan untuk kebutuhan dengan melakukan koordinasi dengan perbankan.

"Selain itu, kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri merencanakan melakukan pelayanan kas keliling sebagai upaya pemenuhan kebutuhan uang tunai di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri resmi bekerjasama dengan 29 bank umum dalam hal penukaran uang rupiah pecahan kecil.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mengatakan dengan kerjasama yang dibangun ini diharapkan bisa mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Editor: Dodo