Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukungan Minim, Pasangan Usman Taufik - Siti Aisyah Diisukan Lirik Jalur Parpol
Oleh : Nurjali
Sabtu | 13-06-2015 | 14:57 WIB
Irhma komisioner KPU(1).jpg Honda-Batam
Irham YS, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Lingga. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pencalonan pasangan Usman Taufik dan Siti Aisyah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lingga dari perseorangan terancam gatal. Hingga menjelang akhir masa penutupan pendaftaran, padanan Usman - Siti diisukan baru mengumpulkan 5.000 dukungan, jauh dari syarat yang ditemukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lingga sebanyak 8.711 dukungan atau 30 persen dari jumlah penduduk di Lingga.

"Mungkin belum dapat kami pastikan untuk mendaftar jalur independen karena sampai hari ini baru terkumpul 5.000 fotokopi KTP, masih kurang tiga ribu lebih lagi. Tapi Pak UT akan upayakan dukungan melalui jalur partai, mungkin antara Partai Golkar versi Agung Laksono atau Partai Demokrat," ungkap sumber dari tim pemenangan Usman Taufik yang tidak ingin namanya ditulis, kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (13/6/15).

Sementara itu untuk pasangan calon lain seperti yang diisukan, Abu Hasim dan Sui Hiok, hingga hari ini belum juga mendaftar di KPU Kabupaten Lingga. Berdasarkan informasi yang beredar, Sui Hiok masih mengupayakan agar mendapat dukungan dari partainya, Hanura, yang memperoleh tiga kursi di DPRD Lingga dan membutuhkan satu kursi lagi untuk mencalonkan. 

"Belum, nanti, tunggu saja kabarnya, kita lagi usahakan lewat partai," kata Wilson salah satu rekan Sui Hiok di Partai Hanura.

Sementara itu Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Lingga, Irham YS, mengungkapkan hingga saat ini belum ada calon perseorangan yang mendaftar sejak pendaftaran dibuka pada 11 Juni dan hari ini merupakan hari ketiga.

"Belum ada satu pun calon yang mendaftar. Kalau sampai tanggal 15 Juni 2015 nanti tepat pukul 16.00 WIB tidak ada yang mendaftar, maka bisa kita pastikan tidak ada calon independen karena waktu yang ditentukan dari tanggal 11 sampai 15 Juni 2015," kata Irham.

Sebelumnya, beberapa calon independen diisukan akan maju. Seperti nama Wakil Bupati Lingga, Abu Hasim, dan mantan Sekda Lingga, Usman Taufik. Namun kondisi internal partai politik seperti Golkar dan PPP yang mulai goyang, beberapa calon independen ini mulai melirik Partai Golkar versi Agung Laksono, yang diisukan sudah menetapkan Ketua DPD II-nya di Lingga. (*)

Editor: Roelan