Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Oknum PNS Batam yang Terlibat Kampanye Terselubung Layak Diberi Sanksi
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 11-06-2015 | 13:55 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Udin P Sihaloho, anggota DPRD Batam sangat menyayangkan adanya oknum PNS Batam yang mengampanyekan bakal calon kepala daerah.

"Kita menyayangkan, meskipun aturan belum berlaku karena belum ada kandidat resmi, kita minta netralitas PNS tetap terjaga," kata Udin, Kamis (11/6/2015).

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa oknum PNS tersebut layak untuk diberikan sanksi sesuai dengan arahan atau rekomendasi dari Panwaslu Kota Batam.

"Saya rasa oknum PNS tersebut layak untuk diberikan sanksi apalagi menggunakan atribut PNS karena kalau dibiarkan akan jadi preseden buruk," ujarnya.

Sementara Ricky Indrakari, anggota DPRD Batam dari Fraksi PKS mengatakan sangat mengapresiasi tindakan dari Panwaslu untuk kepastian hukum demi terciptanya pemilihan yang jujur dan adil.

"Harapan kita agar pilkada berlangsung jujur dan adil dengan adanya kepastian hukum," kata Riki.

Terkait sanksi hukum yang belum bisa dijatuhkan kepada oknum PNS tersebut karena saat ini belum masuk dalam tahapan Pemilukada, ia menilai hal itu hanya masalah tentang tafsir hukum. Namun rekomendasi dari Panwaslu seharusnya dijadikan dasar untuk memberikan sanksi.

"Kalau tidak ada dasar, tidak mungkin Panwaslu mengeluarkan rekomendasi. Sebaiknya diverifikasi apakah ini proses pelanggaran hukum atau tidak," terangnya.

Editor: Dodo