Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Mudik Lebaran, PT Pelni Batam Tambah Jadwal Keberangkatan KM Kelud ke Belawan
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 05-06-2015 | 18:00 WIB
abdullah_n_tue,_ka_pt_pelni_cab_batam.jpg Honda-Batam
Abdullah N Tue, Kepala PT Pelni Cabang Batam. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam menambah jadwal pelayaran rute Batam - Belawan melalui KM Kelud. Penambahan itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode mudik Lebaran 2015.

"Jadwal keberangkatan tujuan Batam ke Belawan, Sumatera Utara, akan ditambah dari hari biasanya. Setidaknya ada tiga jadwal keberangkatan sebelum Lebaran," ujar Abdullah N Tue, Kepala PT Pelni Cabang Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (5/6/2015).

Penambahan jadwal pelayaran itu sudah disosialisasikan kepada masyarakat dengan memasang spanduk di beberapa titik, seperti di Pelabuhan Beton, Sekupang dan kantor Pelni. Tujuannya agar calon penumpang bisa membeli jauh-jauh hari.

"Kan lebih baik jauh-jauh hari sudah beli daripada membeli tiket pada hari-H. Siapa tahu tiket sudah habis untuk tujuan Batam-Belawan," ujar pria yang baru satu minggu menjabat sebagai kepala kantor cabang Batam itu. 

Pasalnya, kata dia, sebanyak 30-40 persen tiket dari Batam ke Belawan pada hari tertentu atau tanggal 7, 12, dan 16 Juli 2015 sudah dibeli oleh calon penumpang. Sementara kapasitas penumpang KM Kelud maksimal hanya 1905 ditambah 30 persennya. Sehingga total sekitar 2.600 termasuk penumpang transit dari pemberangkatan sebelumnya.

"Kalau penjualan tiket pada jadwal tersebut sudah mencapai 2.600 lebih, otomatis penjualan atau pencetakan tiket Pelni akan dihentikan," terangnya. (*)

Editor: Roelan