Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Minta Aparat Jangan Ragu Tindak Kejahatan Lingkungan
Oleh : Redaksi
Jum'at | 05-06-2015 | 15:20 WIB
jokowi_tangan.jpg Honda-Batam
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup. Karena itu, ia meminta agar komitmen itu harus diikuti dengan langkah-langkah nyata di lapangan, baik dalam pengaturan tata ruang dan membenahi tata kelola pemanfaatan sumber daya alam (SDA).

"Komitmen itu harus diikuti langkah tegas dalam pengawasan dan penegakan hukum terhadap tindak kejahatan lingkungan hidup. Harus tegas, jangan ragu-ragu," kata Jokowi dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, yang diselenggarakan di halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/6/2015) pagi.

Jokowi menunjuk sektor pertambangan, kehutanan, dan kelautan sebagai sektor yang memerlukan perhatian khusus dalam masalah pengelolaan lingkungan. Karena itu Jokowi mengingatkan pentingnya pemantauan kualitas lingkungan dan pengendalian pencemaran, baik air, udara, maupun lahan dan lainnya. "Peningkatan kesadaran masyarakat juga penting untuk berperilaku ramah lingkungan," tambah Jokowi seperti dikutip dari laman Sekretaris Kabinet.

Namun semua langkah itu memerlukan inisiatif, kolaborasi dan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah masyarakat, dunia usaha dan organisasi masyarakat. "Sinergi antara kita merupakan kunci dan sekaligus modal sosial dalam mewujudkan mimpi pembangunan yang berkelanjutan," kata Jokowi. (*)

Editor: Roelan