Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

40 Siswa SMP Lukmanul Hakim Batam Ikuti Ujian Hafalan Terbuka
Oleh : Redaksi
Senin | 01-06-2015 | 20:00 WIB
Ujian-Hafalan.jpg Honda-Batam
Ujian hafalan terbuka di SMPII Lukmanul Hakim sebagai salah satu syarat kelulusan mereka.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Menengah Pertama Islam Integral (SMPII) Lukmanul Hakim Tanjunguncang Batam menggelar ujian hafalan terbuka, Minggu, 31 Mei 2015. 

Ujian ini menjadi salah satu syarat kelulusan bagi para siswa kelas akhir mereka. Jadi, selain mharus lulus Ujian Nasional (UN) 2015, mereka juga harus lulus ujian hafalan terbuka itu.

Demikian ungkap Kepala Sekolah SMPII Lukmanul Hakim Tanjunguncang Batam, Sumarno kepada BATAMTODAY.COM. Materi yang diujikan adalah hafalan para siswa pada hadits arba’in dan Al Qur’an. "Para siswa yang sudah mengikuti ujian nasional ini, mereka harus mengikuti ujian hafalan terbuka ini," ujarnya, Senin (1/6/2015).

Dalam ujian tersebut, pada 40 siswa SMPII Lukmanul Hakim Batam itu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, adalah mereka sebanyak 19 siswa yang sudah hafal 5 juz Al Qur’an. Sedangkan kelompok kedua, adalah mereka yang hafal 3 juz Al Qur’an. 

Ujian yang berat bagi para siswa itu adalah ujian mental. Karena harus menjawab soal-soal secara terbuka di depan para orang tua murid. "Dalam ujian ini, para siswa bukan saja diuji oleh para guru penguji, tapi juga diuji oleh orangtua masing-masing," tambah Sumarno.

Seorang siswa SMPII Lukmanul Hakim Batam, Alia Safira mengatakan, dirinya dan teman-temannya tidak saja harus bisa menghafal surat secara acak, tapi juga harus bisa menjawab ujian dari orang tua masing-masing. 

"Ada 3 soal yang diujikan kepada semua siswa, soal ujiannya disimpan di dalam amplop, siswa dipersilahkan memilih salah satu amplop itu," tutur siswa yang pernah mewakili sekolahnya menjadi juara badminton tingkat kecamatan itu. *

Editor: Dodo