Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadapi MEA, Pemerintah Diminta Efektifkan Kembali BLK dan Bentuk LSP
Oleh : Surya
Rabu | 27-05-2015 | 15:55 WIB
haripinto.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komite IV DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Dalam rangka persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pekerja membutuhkan sertifikasii kompetensi agar dapat bersaing dalam para pekerja saing.


Dalam Laporan Kegiatan di Daerah beberapa waktu lalu, Senator Haripinto Tanuwidjaja, Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini mengatakan, pemerintah perlu didorong agar secepatnya membangun dan mengefektifkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah.

"Serta didorong untuk mempercepat proses pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk sektor-sektor prioritas antara lain agrobisnis, otomotif, elektronika, produk karet, tekstil, perikanan jasa online, pariwisata, kesehatan, logistik, shipyard dan migas," kata Haripinto.

Namun, menurut Haripinto, ada salah satu persoalan yang perlu dicermati adalah mahalnya biaya yang duperlukan untuk mendapatkan sertifikasi keahlian tersebut.

"Oleh karenaitu, pemerintah bersama-sama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Keuangan agar dapat memberikan bantuan pinjamanlunak (soft loan) yang diatur dalam skema pinjaman khusus," kata Anggota Komite IV DPD RI ini.

Editor : Surya