Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut Ramadhan, Stok Daging Sapi dan Ayam di Batam Dipastikan Aman
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 27-05-2015 | 14:57 WIB
daging_sapi_toss_lebaran.jpg Honda-Batam
Pedagang daging sapi di Pasar Toss 3000, Batam. Stok daging sapi dan ayam untuk Ramadhan dan Lebaran dipastikan aman.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyambut datangnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri, permintaan daging sapi dan daging ayam akan meningkat. Namun Dinas KP2K Batam memastikan persediaan daging mencukupi.

Sri Yunelli, Kabid Peternakan KP2K Kota Batam mengatakan stok daging sudah mencukupi. Apabila pada hari normal dilakukan pemotongan daging sapi satu sampai dua ekor sehari. Sedangkan H-1 Ramadhan diperkirakan jumlah pemotongan daging meningkat 20-30 ekor sapi.

"Permintaan daging sapi H-7 Idul Fitri, pemotongan daging sapi akan mencapai 80 sampai 100 ekor," kata Yunelli, Rabu (27/5/2015).

Menurut Yunelli, persediaan daging mencukupi. Stok sapi yang tercatat hingga akhir April 386 ekor ditambah pasokan yang akan datang dari pulau Jawa dan Sumatera.

"Kenaikan konsumsi kita prediksi sekitar 10 kali lipat dari biasanya," ujarnya.

Lanjutnya, sapi yang masuk ke Batam berasal dari Bali, Jawa Timur, Lampung dan Sumbar. Sedangkan komposisi pasokan daging sapi lokal hanya mampu memenuhi sekitar 10 persen atau sekitar 2 ton dari total kebutuhan.

"Berdasarkan stok yang tercatat dan berdasarkan hitung-hitungan kita, sudah terpenuhi," singkatnya.

Sedangkan untuk kebutuhan daging ayam jelang Ramadhan dan Idul Fitri juga mencukupi tanpa harus ditambah dari luar daerah.

"Daging ayam juga cukup dan masih tersedia dari Batam sendiri," tutupnya.

Editor: Dodo