Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

April 2015, Korban Tewas dalam Laka Lantas di Kepri Alami Peningkatan
Oleh : Hadli
Senin | 18-05-2015 | 16:10 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepulauan Riau Brigadir Jendral Polisi Arman Depari menyampaikan jumlah laka lantas dan korban meninggal dunia mengalami kenaikan yang signifikan dibanding bulan sebelumnya, Maret 2015. 

"Situasi jumlah kecelakaan lalu lintas di Polda Kepri sebanyak 43 kejadian sedangkan pada bulan April 2015 sebanyak 54 atau mengalami kenaikan sebanyak 11 %," ujarnya saat meminpin apel bulanan di lapangan upacara Mapolda Kepri, Senin (18/5/2015). 

Akibat Laka lantas yang terjadi di Kepri, diperkirakan dalam satu hari korban meninggl dunia satu sampai dua jiwa setiap hari. Hal tersebut disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam berkendara. 

"Untuk korban meninggal dunia pada bulan Maret sebanyak 8 orang mengalami kenaikan pada bulan April sebanyak 20 orang atau 150 persen," jelasnya. 

Sementara itu, Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Tantan Sulistyana mengatakan jumlah laka lantas masih didominasi oleh sepeda motor. Diimbau kepada orangtua agar tidak memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih belum memenuhi persyaratan berkendara.

"Kepada orangtua harus berani melarang anaknya untuk tidak memberikan fasilitas kepada anaknya yang belum cukup umur. Karena, korban laka-lantas sangat rentan terjadi kepada anak-anak," jelasnya. 

Kepada seluruh pengguna jalan raya agar tetap mematuhi aturan lalu lintas, guna menghindari kecelakaan. "Taati rambu-rambu dan larangan sudah ada, aturan harus tetap dijalankan. Ingat keluarga dan saudara kita semua menunggu di rumah," tuturnya. 

Editor: Dodo