Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Biaya Merawat Satu Anak Autistik Bisa Capai Rp28 Miliar
Oleh : Redaksi
Jum'at | 15-05-2015 | 13:29 WIB
ilustrasi - merawat autistik.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - SEBAGIAN orang sudah paham bagaimana susahnya merawat anak penyandang autistik. Namun, pernahkah dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk merawat anak autistik?

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal JAMA Pediatrics pada 9 Juni tahun silam, biaya untuk merawat satu orang anak autistik dapat berkisar US$1,4 juta sampai US$2,4 juta atau Rp16 miliar sampai Rp28 miliar seumur hidup!

"Kita berpikir selama ini perawatan medis menyedot biaya paling banyak, tapi bukan yang paling utama," kata penulis penelitian David Mandell, direktur Pusat Kebijakan Kesehatan Mental di University of Pennsylvania Perelman School of Medicine.

Mandel menambahkan hal lain yang menyedot biaya banyak adalah pendidikan khusus untuk anak austistik dan perawatan rumah. "Ketika kita berpikir tentang apa yang dibutuhkan untuk mendukung anak autistik, kita sering berpikir perawatan medis adalah yang paling dibutuhkan," katanya. "Saya pikir ada kebutuhan-kebutuhan lain yang perlu dilihat juga," katanya.

Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data tentang berbagai masalah ekonomi yang terkait dengan gangguan spektrum autisme, baik di Amerika Serikat maupun di Inggris. Para peneliti menyimpulkan bahwa biaya hidup rata-rata untuk merawat satu orang dengan autisme tanpa cacat intelektual adalah sekitar US$1.4 juta baik itu Amerika Serikat maupun Inggris.

Sementara biaya untuk merawat orang dengan autisme yang memiliki cacat intelektual biayanya sekitar US$ 2.4 juta di Amerika Serikat dan sekitar US$ 2.2 juta atau Rp2.6 miliar di Inggris.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa merawat anak autistik sangat mahal dan namun tidak pernah ada data yang mendukung anggapan itu," kata Michael Rosanoff, public health for Autism Speaks, sebuah lembaga nirlaba yang mendanai penelitian ini.

Biaya perawatan medis bagi anak autistik dapat menelan biaya antara US$6.467 sampai US$ 18.106 atau Rp76 juta sampai Rp214 juta per tahun, tergantung pada usia anak dan tingkat cacat intelektual. Untuk orang dewasa dengan autisme, biaya medis berkisar antara US$13.580 sampai US$27.159 atau Rp161 juta sampai Rp322 juta per tahun.

Sebagai perbandingan, pendidikan khusus untuk anak autistik biayanya bisa satu setengah sampai lima kali lebih banyak dari perawatan medis mereka. Biaya untuk menjalankan pendidikan khusus antara US$13.980 sampai US$62.920 atau Rp165 juta sampai Rp746 juta per tahun. Sekali lagi itu tergantung pada usia dan cacat intelektual yang diderita.

Upah orang tua yang hilang untuk biaya merawat anak autistik rata-rata US$18.720 atau Rp222 juta per tahun. Jumlah itu melampaui biaya pengobatan. "Ibu yang keluar dari pekerjaannya untuk merawat anak mereka yang mengalami autisme, bisa dipastikan sangat membutuhkan uang yang cukup besar," kata Mandell. (*)

Sumber: Parents Indonesia