Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gugun Blues Shelter: Band Indonesia Dipandang Sebelah Mata
Oleh : Widodo/detikhot
Jum'at | 08-07-2011 | 11:50 WIB
gugun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gugun Blues Shelter. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, batamtoday - Band beraliran blues, Gugun Blues Shelter menceritakan pengalamannya bermain di konser 'Hard Rock Calling 2011' di Hyde Park, London, Juni lalu. Di samping disebut-sebut telah membanggakan Indonesia di kancah internasional, nyatanya ada pengalaman yang kurang menyenangkan bagi band tersebut.

Band yang digawangi Gugun (gitar, vokal), Jono (bass) dan Bowie (drum) itu merasa terbebani jika bermain membawa nama Indonesia di kancah internasional semacam itu lantaran merasa didiskriminasi.

Ketika beraksi, awalnya mereka mendapat sambutan luar biasa. Namun begitu penonton tahu Gugun Blues Shelter berasal dari negara Asia, terlebih Indonesia mereka pun mulai mencibir.

"Ada respon seperti dari mereka yang bilang 'Indonesia, apa itu?' Kita merasa ada sedikit terdiskriminasi, karena jujur buat kita malah jadi beban kita telah mengharumkan Indonesia atau apa," ujar Gugun seperti dikutip dari detik, Jumat, 8 Juli 2011.

"Mereka juga menganggap negara kita kacau balau. Lagian yang kita mainin kan musik barat. Mereka mandang Asia sebelah mata, apalagi Indonesia. Cuma ya kita main-main aja, cuek. Toh mereka juga setelah denger lagu kita responnya baik," timpal Bowie.

Walau demikian, Gugun Blues Shelter merasa cukup bangga dengan pencapaian mereka. Karena setelah bermain di Inggris, banyak penonton yang menyamakan mereka dengan band legendaris The Jimi Hendrix Experience.

"Lucunya ada yang komen pas nonton kita manggung. Si Gugun dibilang Jimi Hendrix dari India, gara-gara mereka nggak tahu kita dari Indonesia," tambah Bowie diiringi tawa.