Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala SMA Negeri 3 Tanjungpinang Pilih Gunakan Seni untuk Bentuk Karakter Siswa
Oleh : Habibi
Rabu | 06-05-2015 | 13:47 WIB
darson-sma-3.jpg Honda-Batam
Kepala SMA Negeri 3 Kota Tanjungpinang, Darson.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala SMA Negeri 3 Kota Tanjungpinang, Darson menyatakan dirinya sangat menyenangi kesenian. Penulis buku Fisika dalam Syair ini pun akhirnya mengaplikasikan kesenian sebagai sarana untuk membentuk karakter siswa di sekolah.

Dia mengaku bahwa siswa di SMAN 3 masih belum masuk dalam sekolah dengan akademis yang tinggi. Namun, berkaca dari SMAN 6 yang pernah dipegangnya dan berhasil dengan mengeksplore seni sebagai sarana untuk perbaikan karakter siswa, maka hal tersebut akan dilakukan di SMAN 3.

"Anak-anak di masa SMA ini sejatinya tengah mencari jati diri, maka dari itu kita harus punya trik-trik agar mereka menemukan jati diri mereka. Oleh karena itu, strategi saya dengan seni, karena seni ini banyak sekali faedahnya. Kita memiliki syair, pantun dan gurindam, item-item ini yang akan pelan-pelan kita angkat, guna membentuk karakter siswa," ujar Darson, Rabu (6/5/2015).

Darson mengatakan, seluruh manusia memiliki seni atau bakat terpendam yang belum ditemukan di dalam diri mereka. Oleh karena itu maka akan dibentuk karakter siswa dengan pembinaan yang berbau seni.

"Seni ini adalah hobi yang dimiliki semua orang, jadi saya akan bangun karakter mereka dari sebuah hobi dulu, baik itu kesenian, olah raga, dan sebagainya. Setelah attitude mereka terbentuk, barulah kita akan membentuk akademik mereka," ujar Darson.

Mantan pengawas yang berencana akan membuat buku fisika dalam pantun tersebut mengatakan, selain siswa, guru pun akan diberikan bimbingan dalam membuat karya tulis. 

"Di luar dari karya tulis, kita akan mengajak guru agar benar-benar memperhatikan siswa tidak hanya sebatas tugas mereka saja, melainkan bagaimana seorang guru itu menjadi teman, psikolog, dan guru, sehingga seluruh guru mengetahui tentang isi hati siswa, sehingga mampu mengetahui hal apa yang harus dilakukan jika memang siswa itu terlihat kurang maksimal dalam belajar," ujar Darson.

Darson berharap selama dia masih di SMAN 3 tersebut, dia akan memberikan kontribusi yang baik. Asalkan, guru dan siswa dapat bekerja sama dalam mengatur ketertiban sekolah tersebut.

Editor: Dodo