Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Raih Penghargaan Pelayanan Air Minum Terbaik
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Rabu | 06-05-2015 | 12:45 WIB
perpamsi_award.jpg Honda-Batam
Wakil Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto, berfoto bersama para penerimaPerpamsi Award 2015 dan Menteri PUPR

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam patut berbangga karena meraih Perpamsi Award 2015 sebagai Pelayanan Air Minum Terbaik & Sanitasi dan Pusat Pembelajaran PDAM Kategori Kota di atas 100.000 Pelanggan PDAM Wilayah I Sumatera.

Penghargaan yang sedianya diberikan kepada setiap kepala daerah tersebut diserahkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc saat pembukaan Indonesia Water & Wastewater Expo & Forum (IWWEF) 2015 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

"Kota Batam layak mendapatkan penghargaan tersebut. ATB selaku penyedia air minum di Kota Batam memiliki kinerja yang sangat baik. ATB menjadi panutan dan menjadi benchmark bagi PDAM lain di Indonesia. Itu makanya Kota Batam mendapatkan Perpamsi Award dengan kategori Pusat Pembelajaran PDAM,” ungkap Ketua Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Rudie Kusmayadi di sela penyerahan penghargaan.

Ada 26 kota/kabupaten/provinsi yang mendapatkan penghargaan dari Perpamsi tersebut. Untuk wilayah Sumatera hanya ada enam daerah yang sukses meraih Perpamsi Award 2015, yakni Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kota Batam, Kota Palembang, Kota Padang, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kerinci.

Sementara untuk wilayah Jawa ada 10 PDAM yang mendapatkan penghargaan tersebut, yakni Kota Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Surakarta, Kota Madiun, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Batang.

Untuk Wilayah Kalimantan & Sumatera ada enam daerah yang mendapat penghargaan, yakni Kota Banjarmasin, Kota Pontianak, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Gorontalo dan Kabupaten Banjar & Kota Banjar Baru. Sedangkan untuk wilayah Bali, NTB, NTT, Maluku dan Papua ada empat daerah yang mendapat penghargaan, yakni Kota Denpasar, Kota Ternate, Kabupaten Lombok Barat & Kota Mataram, dan Kabupaten Buleleng.

Direktur Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam, Budiman Maskan, mengaku sangat bangga ATB memberi kontribusi sehingga Kota Batam ditetapkan sebagai kota yang meraih Perpamsi Award 2015 sebagai Pelayanan Air Minum Terbaik & Sanitasi dan Pusat Pembelajaran PDAM.

"Saya sangat bangga. Prestasi ini harus dipertahankan. Meraih sulit, namun mempertahankan itu jauh lebih sulit. Sebagai perusahaan pelayanan, saya berharap ATB selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Apalagi Batam merupakan kota industri yang penyediaan air bersihnya sangat tergantung kepada operator air bersih. Sebagai perusahaan pelayanan, terkadang bila pelayanan kita bagus, pelanggan diam saja, namun saat pelayanan buruk pelanggan akan mengeluh," ujar Budiman.

Editor: Dodo