Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Siswi SMP Lingga Jalani UN di Rumah karena Kecelakaan
Oleh : Nur Jali
Senin | 04-05-2015 | 15:30 WIB

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Satu orang siswi SMP Negeri 2 Singkep terpaksa harus mengikuti Ujian Nasional hari pertama di rumahnya karena masih menjalani perawatan lantaran mengalami kaki patah akibat kecelakaan.

Sukirno, Kepala SMP Negeri 2 Singkep mengatakan, kebijakan ini diambil meskipun kondisi fisik siswi tersebut kurang baik, namun secara mental tersebut tidak ada masalah dan dokter juga menyatakan siswi tersebut siap mengikuti UN.

"Setelah semalam mengecek kesiapannya, kondisi mentalnya bagus jadi saya putuskan satu guru pengawas untuk mengawasi ujiannya di rumahnya," kata Sukirno, Senin (4/5/2015).

Total siswa SMP Negeri 2 Singkep yang mengikuti UN di hari pertama ini berjumlah 189 orang dengan rincian 101 siswa laki-laki dan 88 orang siswi perempuan. Secara umum, pelaksanaan UN di sekolah tersebut berlangsung lancar.

"Tadi pagi sebelum mereka mengerjakan soal, saya sudah cek ke kelas-kelas sambil mengingatkan mereka agar tidak tegang dan rileks dalam menjawab soal, karna kelulusan akan ditentukan sekolah, jadi yang menentukan mereka lulus adalah kelakuan dan prestasi mereka selama di sekolah juga ikut menjadi jaminan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ujian Nasional tingkat SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga Rahmat Surya Siregar mengatakan jumlah peserta Ujian Nasional untuk tingkat SMP se-Kabupaten Lingga berjumlah 1.301 siswa, dengan rincian Kecamatan Lingga 179 siswa, Lingga Timur 61 siswa, Selayar 57 siswa, lingga Utara 156 siswa, Singkep 389 siswa, Singkep Pesisir 42 siswa, Singkep Selatan 10 siswa, Singkep Barat 168 siswa, dan Senayang 239 siswa.

"Untuk saat ini belum ada kendala di lapangan, ujian ini akan berlangsung selama empat hari, satu hari peserta akan mengerjakan satu mata pelajaran, yang dimulai Bahasa Indonesia di hari pertama, setelah itu Matematika, Bahasa Inggris dan terakhir IPA," kata dia.

Editor: Dodo