Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Targetkan 100 Persen, Wali Kota Batam Tak 'Titip' Supaya Semua Lulus UN
Oleh : Ahmad Romadi
Senin | 04-05-2015 | 14:47 WIB
ahmad_dahlan,_wako_batam_-_wwcr.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Ahmad Dahlan. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin, menargetkan kelulusan 100 persen untuk siswa kelas IX yang mengikuti ujian nasional (UN) tahun ini.

Melihat kelulusan tahun lalu yang mencapai 97 persen, ia pun berkeyakinan target 100 persen tersebut bisa dicapainya. "Perserta ujian tahun ini sebanyak 12.732 siswa dari 136 SMP di Batam," kata Muslim, di sela-sela peninjauan UN, Senin (4/5/2015).

Sementara Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, yang meninjau pelaksanaan UN di SMP Negeri 3 Batam di Sekupang, memberikan pengarahan kepada siswa dan pengawas sebelum ujian berlangsung. "Tenang, percaya diri itulah kunci keberhasilan anak-anak. Insya Allah kalian akan berhasil semua," kata Dahlan.

Menurut Dahlan, jika tidak percaya diri maka pikirannya pun akan mencontek juga. Sementara sistem yang dibuat saat ini sudah tidak memungkinkan untuk peserta ujian mencontek. Karena soal dibuat sebanyak lima paket

Kepada pengawas ujian yang berasal dari sekolah lain, Dahlan pun mengucapkan terima kasih atas partisipasinya. "Saya titip supaya ujian berjalan dengan lancar. Saya tidak menitip supaya lulus semua. Itu bukan tugas ibu bapak. Tugas ibu bapak adalah supaya (UN) ini berjalan lancar," tuturnya.

Dahlan menilai bahwa UN ini juga penting. Bila hanya bersifat lokal, maka faktor subjektif akan lebih berperan dalam kelulusan anak. "Dengan adanya UN memotivasi anak untuk belajar," ujarnya. (*)

Editor: Roelan