Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2.200 Personel Amankan Hari Buruh Internasional di Kepri
Oleh : Hadli
Kamis | 30-04-2015 | 17:49 WIB
akbp_hartono_serius.jpg Honda-Batam
Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 2.200 personel Polri dan TNI serta instansi terkait akan diturunkan untuk mengamankan perayaan May Day (Hari Buruh Sedunia) di Kepulauan Riau, Jumat (1/5/2015) besok. Dari sejumlah itu, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mendapat bantuan pengamanan dari TNI dan instansi terkait sebanyak 243 personel.

"Bertepatan Hari Buruh Internasional, jajaran Polda Kepri mempersiapkan pengamanan sebanyak 2.200 peronil. Yang sebagian besar berada di wilayah Batam, dalam pelaksanaannya Polri dibantu intansi terkait dan TNI," ujar Kabid Humas Polda Kepri, Ajun Komisaris Besar Polisi Hartono, Kamis (30/4/2015).

Dia mengatakan, anggota Polri yang diterjunkan sebanyak 1.957 personel yang terdiri dari anggota Sabhara, Brimob, Intelkam, Reserse, serta Satuan Lalu Lintas. Selain instansi itu, Pori juga dibantu satuan pengamanan masing-masing lingkungan perusahaan, perkantoran, maupun dari pihak kawasan industri.

"Kapolda Kepri mengimbau kepada para buruh dan pekerja yang akan melakukan perayaan Hari Buruh tersebut untuk dapat merayakan dengan kegiatan-kegiaatan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak," pesan Hartono.

Selain itu, imbuh Hartono, kegiatan yang dilakukan buruh menyambut hari Mayday tidak menggangu kegiatan masyarakat lainnya, tidak bertindak anarkhis dan tidak melakukan sweeping. "Sebagaimana yang telah disepakati dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya, jajaran Polda Kepri akan membantu sepenuhnya untuk pengamanan," kata Hartono.

Sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Buruh Nasional atau 'May Day' pada 1 Mei besok, ribuan buruh di Batam akan turun ke jalan. Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam kompak akan menyerukan 10 tuntan, sementara Serikat Buruh Sejahterah Indonesia (SBSI) fokus lakukan aksi di daerah Tanjunguncang.

Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, Suprapto, mengatakan, mereka akan menurunkan sekitar 25.000 anggota. Ribuan buruh ini akan berkumpul di lima lokasi yakni perempatan Tanjunguncang, Simpang Basecamp, Panbil, Kabil, dan Batam Center. Selanjutnya, buruh akan melakukan longmarch menuju sport hall Tumenggung Abdul Jamal.

"Pagi sebelum menuju sport hall Tumenggung Abdul Jamal, buruh melakukan orasi di titik kumpul masing-masing," jelas dia, Kamis (30/4/2014) siang.

Diperirakan Suprapto, sebanyak 2.000 kendaraan sepada motor akan memenuhi jalan di Batam melakukan konvoi hingga titik kumpul yang disepakati untuk berorasi menyampaikan 10 tuntutan dan menggelar pembagian doorprize di lapangan Engku Putri. (*)

Editor: Roelan