Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo ke BC Tanjungpinang, Mahasiswa Bawa Dupa dan Tanah Kuburan
Oleh : Habibi
Kamis | 30-04-2015 | 17:01 WIB
mahasiswa demo bc tpi.jpg Honda-Batam
Aksi teatrikal mahasiswa di depan kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang, Kamis (30/4/2015). (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Terpelajar (Gempar) melakukan aksi demo di depan kantor Bea Cukai cabang Tanjungpinang, Kamis (30/4/215). Aksi tersebut diwarnai teatrikal dengan membakar dupa dan menaburkan tanah kuburan.

Aksi demo tersebut bertujuan untuk meminta transparansi kepada BC terkait tangkapan yang dilakukan oleh BC. Selain itu, mahasiswa juga menduga bahwa banyak oknum BC yang menggunakan narkoba.

"Kami datang ke sini atas nama rakyat, meminta BC transparan terhadap tangkapan. Kita juga mencurigai ada permainan di BC tentang jumlah barang tangkapan mereka, serta kami menduga ada oknum BC yang menggunakan narkoba," ujar Aspan Hasibuan, korlap aksi.

Mahasiswa juga meminta BC tidak pandang bulu dalam menertibkan minuman beralkohol (mikol) yang jelas-jelas dilarang peredarannya, namun masih banyak beredar di Tanjungpinang. Pengawasan BC diminta lebih ketat lagi akan tidak kecolongan.

"Kami bertanya-tanya, padahal mereka yang mengawasi barang masuk, tapi masih banyak kecolongan. Ini apakah benar kecolongan, atau memang menggunakan mahar agar barang itu bisa masuk?" duga Aspan.

Kepala Bea Cukai Tanjungpinang, Hilman Satria, juga diminta agar benar-benar mengawasi para pegawainya. Selain itu, mahasiswa meminta kepada Hilman agar melakukan tes urine kepada pegawainya guna membuktikan tentang dugaan penggunaan narkoba di lingkungan BC. (*)

Editor: Roelan