Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

1.957 Personel Polisi Dikerahkan Amankan Perayaan May Day di Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 28-04-2015 | 15:05 WIB
pengamanan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi pengamanan unjuk rasa di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepulauan Riau mengerahkan kekuatan hampir 2.000 personel untuk mengamankan aksi yang diaakukan ribuan buruh yang menyambut Hari Buruh Internasional atau dikenal May Day pada Jumat (1/5/2015) mendatang. 

"Kekuatan yang dikerahkan untuk pengamanan terdiri dari jajaran Polda Kepri termasuk Polresta Barelang sebanyak 1.957 personel," ujar Kepala Humas Polda Kepulauan Riau, Ajun Komisaris Besar Polisi Hartono, Selasa  (28/4/2015). 

Personel gabungan yang dikerahkan untuk pengamanan dan antisipasi terjadi aksi anarkis diantaranya, Ditsahbara Polda Kepri, Sat Brimob Polda Kepri, Dit Intekam Polda Kepri sementara tim Dit Lantas Polda Kepri mengatur arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan hingga kelumpuhan arus lalu lintas. 

"Diharapkan pada saat menggelar kegiatan dalam menyambut May Day pada 1 Mei nanti dapat berjalan lancar, aman dan terkendali, sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan kemananan masyarakat," terangnya. 

Selain, 1.957 personel yang dikerahkan, Polda Kepri juga menerjunkan kendaraan water canon untuk mendukung pengamanan.  "Kami juga menghimbau dalam aksi tidak dilakukan sweeping ke perusahaan," jelasnya. 

‎Sebelumnya, Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari‎ mengatakan, pihaknya tidak akan melarang buruh menggelar aksi asalkan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. 

"Dalam menyampaikan pendapat tidak ada larangan, asalkan sesuai dengan aturan," ujar Arman Depari dalam temu ramah bersama kalangan serikat buruh di Kepri dan Batam di Bandung Resto, Batubesar, Nongsa, Rabu (22/4/2015) kemarin. 

Editor: Dodo