Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apple Raup Keuntungan Rp176 Triliun
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-04-2015 | 12:12 WIB

BATAMTODAY.COM - Keuntungan Apple terdongkrak 33% lebih tinggi dari setahun sebelumnya berkat penjualan iPhone yang mencapai 61,1 juta unit dalam tiga bulan pertama pada 2015.

Perusahaan teknologi yang berbasis di Negara Bagian California, Amerika Serikat itu melaporkan keuntungan sebesar US$13,6 miliar atau setara dengan Rp176,7 triliun. Adapun pemasukan total Apple mencapai US$58 miliar atau Rp754,6 triliun.

Bila ditinjau dari lokasi penjualan, produk Apple paling laris di Cina dengan jumlah pemasukan US$16,8 miliar atau Rp218,3 triliun.

"Kami gembira dengan terus menguatnya iPhone, Mac, dan App Store yang membuat performa kami dalam tiga bulan menjadi sangat baik," kata direktur eksekutif Apple, Tim Cook.

Keuntungan Apple diperkirakan akan bertambah seiring dengan peluncuran jam tangan Apple pada 24 April lalu. Tim Cook mengaku senang dengan jumlah awal pembelian, namun dia mengaku sulit memenuhi permintaan konsumen.

Meski demikian, tidak semua penjualan produk Apple berjalan sukses. Gawai iPad hanya terjual 12,6 juta unit, turun 23% dari jumlah penjualan tahun lalu.

Koresponden teknologi BBC, Rory Cellan-Jones, mengatakan keputusan Apple untuk mengandalkan iPhone terbukti jitu. Perusahaan itu mampu meraup keuntungan yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

Padahal, desain iPhone 6 yang lebih besar dari seri iPhone terdahulu, sempat ditentang keras oleh mendiang pendiri Apple, Steve Jobs.

Sumber: BBC