Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Batam, Gerindra dan PKS Resmi Berkoalisi
Oleh : Ahmad Romadi
Senin | 20-04-2015 | 17:17 WIB
kmp_pks_dan_gerndra_batam.jpg Honda-Batam
Pengurus elit Partai Gerinda dan PKS Kota Batam. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Senin (20/4/2015), resmi mendeklarasikan koalisi kedua partai untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Batam.


Kedua partai sepakat satu kesepahaman visi dan misi untuk mengusung satu nama calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam pada pilkada yang dijadwalkan digelar Desember mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Batam, Taufik Hermawan, menjelaskan, koalisi yang dibangun dua partai ini merupakan koalisi besar. Menurutnya, koalisi antara Gerinda dan PKS sendiri sebenarnya sudah dibangun sejak pemilihan presiden 2014 lalu.

"Kita hanya meneruskan koalisi sebelumnya yang sudah pernah kita bangun," kata Taufik saat konferensi pers di Batam Center, Senin siang.

Meskipun dengan koalisi besar ini sudah bisa mengusung calon, tidak menutup kemungkinan juga masih akan ada lagi partai politik yang akan bergabung untuk bersama-sama membangun Batam.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Batam, Iman Sutiawan, juga mengungkapkan hal senada, bahwasanya koalisi ini dibangun bukan atas kepentingan untuk bagi-bagi jabatan, melainkan kepentingan masyarakat banyak untuk membangun Batam.

Ditegaskan, untuk meraih kemenangan pada Desember, Gerinda sudah  berkomunikasi secara intens dalam rangka pilkada Kota Batam 2015. "Oleh karena itu saya berharap kepada semua kader dari Gerindra maupun PKS bahwa apapun yang sudah disepakati ini lebih mengedepankan orang banyak atau masyarakat," ajak Iman.

Adapun isi kesepahaman yang di bangun antara Partai Gerindra dan PKS, di antaranya koalisi dibentuk atas dasar kesamaan spirit perjuangan, visi, misi dan program, bukan atas dasar bagi-bagi kekuasaan, untuk membangun Kota Batam yang maju, adil sejahtera dan bermartabat dalam segala aspek kehidupan.

Koalisi juga dibentuk berdasarkan azaa UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Koalisi dibentuk  dalam upaya pemenangan Pilkada Kota Batam 2015. Pengelolaan koalisi bersama dilaksanakan secara bijak dan professional serta mengutamakan kearifan lokal.

Dalam pelaksanaanya, mitra koalisi menjujung tinggi nilai-nilai kebenaran, dan memiliki hak dan tanggung jawab yang sederajat dengan tetap memperhatikan kesepakatan bersama. Sedangkan untuk nama calon yang akan diusung, Taufik maupun Iman menjelaskan masih belum menentukan siapa yang akan di usung dan akan masih dilakukan pembicaraam lebih lanjut.

Dengan koalisi tersebut kursi yang dimiliki saat ini di DPRD sudah mencukupi syarat untuk mencalonkan wali kota dan wakil wali kota, karena Partai Gerindra mendapatkan enam kursi dan PKS empat kursi. (*)

Editor: Roelan