Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah Nomor Dua, Indonesia Bisa Jadi Importir BBM Terbesar di Dunia
Oleh : Redaksi
Jum'at | 17-04-2015 | 16:50 WIB
ilustrasi nozle ke mobil.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia berpeluang untuk menjadi negara pengimpor bahan bakar minyak (BBM) terbesar di dunia. Saat ini saja, Indonesia sudah menjadi importir nomor dua terbesar di dunia.

"Impor kita saat ini nomor dua terbesar di dunia. Sebentar lagi akan menjadi nomor satu di dunia dan ini nggak lama, karena yang selisih dengan yang pertama tipis sekali," ujar Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, dikutip dari laman kementerian.

Dia menjelaskan, sejak 2008 Indonesia sudah menjadi net importir dan saat ini 60 persen kebutuhan BBM dalam negeri dipenuhi melalui impor akibat tingginya konsumsi yang tidak dibarengi dengan produksi. Menurutnya, Indonesia akan terus menjadi net importir jika tidak dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Salah satu kiat yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi volume BBM impor adalah dengan mendiversifikasi BBM dengan kebijakan mandatori BBN, dengan kewajiban mandatori ini ketergantungan impor akan dihemat dan kebutuhan nasional akan semakin bertumpu pada kemampuan sendiri dalam menghasilkan bahan bakar.

Pemanfaatan energi baru terbarukan juga merupakan bagian dari langka-langkah untuk mengurangi konsumsi BBM nasional. "Energi baru terbarukan harus dimaksimalkan pemanfaatannya dengan memperhatikan tingkat keekonomian dan keekonomian itu bisa dibangun oleh pemerintah," jelasnya. (*)

Editor: Roelan