Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru 40 Persen Persoalan Perbatasan yang Terselesaikan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 16-04-2015 | 14:27 WIB
tantowi_yahya.jpg Honda-Batam
Tantowi Yahya. (Foto: Tempo)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penyelesaian persoalan dan sengketa perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga baru sekitar 40 persen.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya mengakui bahwa persoalan tersebut masih menjadi pembahasan dalam rapat kerja dengan Kementerian Luar Negeri.

"Diakui memang bahwa saat ini baru sekitar 40 persen yang sudah selesai, artinya masih 60 persen yang harus diselesaikan. Itu laporan dari Kementerian Luar Negeri," kata Tantowi Yahya di Batam, Kamis (16/4/2015).

Ia menjelaskan, dengan banyaknya pulau terluar Indonesia yang tidak berpenduduk dan belum terjamah sekalipun oleh manusia rentan diklaim oleh negara lain.

Kendati demikian, katanya, DPR RI akan terus mendesak agar pemerintah agar terus konsisten menyelesaikan persoalan dan mempertahankan pulau perbatasan dari klaim negara tetangga.

"Ya kita tetap akan mendesak pemerintah, meskipun kami tahu persoalan perbatasan ini tidak semudah mengembalikan telapak tengan," kata anggota Fraksi Partai Golkar tersebut.

Editor: Dodo