Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Kecurangan, PPM Minta KPU Lingga Data Pemilih dengan Teliti
Oleh : Nurjali
Rabu | 15-04-2015 | 17:00 WIB
ilustrasi_pilkada.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pemuda Panca Marga (PPM) mengharapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga melakukan pemutakhiran data pemilih dengan benar-benar terstruktur di daerah-daerah terpencil. Sehingga seluruh warga pemilih di Kabupaten Lingga dapat menggunakan hak pilihnya tanpa ada kecurangan dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) mendatang.

"Kita berharap saat pemutakhiran data nanti, Disdukcapil maupun KPU dapat melakukan pendataan dengan benar-benar teliti mulai dari tingkat RT, khususnya untuk wilayah pulau, dan disampaikan secara transparan," kata Amir, Ketua PPM Kabupaten Lingga, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (15/4/15).

Selain itu sosilisasi tentang form pemilih tambahan seperti yang sering terjadi saat pilkada juga diharapkan dilakukan jauh-jauh hari sehingga pemilih-pemilih gelap saat pilkada nanti tidak terjadi. Hal ini sangat penting dilakukan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pilkada.

"Kita berharap pilkada tahun ini benar-benar bersih sehingga pemimpin yang terpilih nanti benar-benar bersih. Pengalaman buruk saat pileg kita harap tidak terulang kembali," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Lingga, Agussyuriawan, sebelumnya telah menyampaikan, KPU Kabupaten gencar melakukan komunikasi dengan Disdukcapil untuk pemutakhiran data pemilih dan  Data agrerat komulatif penduduk sampai Maret 2015 ini juga terus dipantau.

"Kemarin kita sudah rapat dengan Disduk dan DPRD. Kita tetap jalin komunikasi dengan Disduk," katanya.

Sementara itu mengenai sosialisasi ke masyarakat, PPK dan PPS akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat setelah ada kepastian juknis dan juklak dari KPU Pusat. Hingga hari ini aturan resmi mengenai petunjuk penyelenggaraan pemilukada belum diterbitkan pusat, tapi untuk anggaran serta kesiapan lainnya KPU Kabupaten Lingga sudah menyiapkan jauh-jauh hari. (*)

Editor: Roelan