Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Progress Masih 40 Persen, Pembangunan RSUD Kepri Terancam Molor
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 10-04-2015 | 15:48 WIB
RSUD Kepri Tanjungpinang.jpg Honda-Batam
RSUD Kepri di Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan pembangunan tiga lantai gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Kepri terancam molor. Proyek multiyears senilai Rp 79,163 miliar itu progressnya baru mencapai 40 persen kendati pelaksanaannya sudah lebih dari 6 bulan. 

Pantauan di RSUD Kepri, pengerjaan pada bagian konstruksi dalam, jaringan elektrikal dan bagian luar hingga saat ini masih terus dikerjakan, seiring dengan berakhirnya masa pelaksanaan pengerjaan proyek pada September 2015 mendatang. 

Kendati demikian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dr. Sunarto mengaku optimis pelaksanaan proyek yang diakui baru 40 persen itu akan selesai tepat pada waktu.

"Memang progressnya baru 40 persen, dan pencairan dananya baru 15 persen, tapi kami sangat optimis, pengerjaannya akan selesai sesuai dengan masa kontrak pekerjaan," ujar Sunarto, JUmat (10/4/2015). 

Capaian progress pengerjaan sebesar 40 persen, dikatakan Sunarto akibat rumitnya pengerjaan elektrikal gedung, khususnya pelaksanaan pemasangan jaringan kabel di dalam masing-masing ruangan. 

"Yang pertama dikerjakan itu seluruh material on site, khususnya pemasangan instalasi kabel AC dan lampu. Kalau keramik dan konstruksi lain di dalam sudah selesai, demikian juga partisi luar," kata Sunarto. 

Saat ini, tambah dia, pelaksanaan pengerjaan tinggal plafon, serta outdoor dan AC. "Optimisme ‎kita, karena melihat dari material yang sudah berada di lokasi semua," pungkasnya. 

Direktur RSUD Kepri, dr. Muchtar juga menyatakan optimis pembangunan akan selesai pada September 2015 mendatang, sehingga dapat digunakan.

"Dengan selesaianya tiga lantai Gedung RSUD yakni lantai 5, 6 dan 7 akan segera dapat kita fungsikan untuk menampung sejumlah pasen rujukan di Kepri, sehingga dari 80 tempat tidur/bangsal yang tersedia saat ini, akan bertambah menjadi 300," kata dia.

Pelaksanaan pembangunan konstruksi gedung tiga lantai RSUD Kepri ini dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero), dengan masa pengerjaan lebih dari 1 tahun. 

Editor: Dodo