Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiang Listrik di Batam Juga Jadi Menara Telekomunikasi
Oleh : Ahmad Romadi
Selasa | 07-04-2015 | 15:14 WIB
ilusrasi_tower.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiang listrik di sejumlah lokasi di Batam nantinya tak hanya berfungsi sebagai lampu penerangan jalan. Pemerintah Kota Batam berencana menyisipkan jaringan telekomunikasi di tiang-tiang listrik itu. Hal ini untuk menghindari pendirian menara telekomunikasi yang bermasalah, terutama di area pemukiman warga.

"Sekarang kita masih pakai menara makro. Tapi nanti di Batam akan pakai fiber optik," kata Salim, Kepala Badan Komunikasi dan Informasi (Kaban Kominfo) Kota Batam, Selasa (7/4/2015).

Ia juga menjelaskan, bahwa microcell nantinya lebih mengarah kepada kamuflase sehingga tidak ada lagi menara telekomunikasi yang dibangun di atas lahan dan di atas bangunan. Pun tiang listrik khusus itu nantinya juga akan dibangun oleh penyedia jasa dan operator telekomunikasi. Provider telekomunikasi ini juga diwajibkan menyewa aset daerah di area yang akan dibangun.

Salim menambahkan, besaran sewa akan disesuaikan dengan lokasi pembangunan tiang. Satu tiang nantinya difungsikan untuk dua operetor dengan radius 150 meter.

Saat ini katanya sudah ada lima tiang yang rata-rata berada di kawasan Batam Centre. Seperti di Sekolah Kalista, Perumahan PLN dekat Sekolah Global, Mega Legenda dan Engku Putri. (*)

Editor: Roelan