Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Simpatik di Tanjungpinang Sasar Tertib Lalu Lintas dan Pelajar 'Mojok'
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 02-04-2015 | 17:47 WIB
Kasubag_Humas_Polres_Tj.Pinang_Ipda._Satria_Putra.jpg Honda-Batam
Kepala Sub Bagian Humas Polres Tanjungpinang Ipda Satria Putra.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepolisian Resor Tanjungpinang mengerahkan 60 personel dari berbagai satuan dalam menggelar Operasi Simpatik dan Bina Kusuma, selama beberapa hari kedepan.

Dalam Operasi Simpatik, Polisi menitikberatkan pada ketertiban warga dalam berlalu lintas di jalan. Sedangkan di Operasi Bina Kusuma, Polisi bekerja sama dengan Satpol PP setempat menertibkan para pelajar yang keluyuran di jam sekolah.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Tanjungpinang Ipda Satria Putra mengatakan, Operasi Simpatik dilaksanakan serentak sejak 1 sampai ?21 April 2014, dengan mengedapankan anggota Satuan Lalu Lintas, dalam menertibkan dan memberikan imbauan pada masyarakat agar menjaga ketertiban di jalan raya. 

"Sasaran utama dari Operasi Simpatik 2015 yang kita laksanakan, adalah pelaksanaan ketertiban berlalu lintas, dengan leading sector Satlantas Polres Tanjungpinang," ujar Satria, Kamis (2/4/2015). 

Selain operasi keluar, pelaksanaan operasi secara internal dengan melibatkan Provost (P3D), juga dilaksanakan agar anggota Polri dapat memberikan contoh dalam tertib berlalu lintas.

"Sasaran ke dalam, juga dilakukan tertib berlalu lintas di internal Polri. Jangan sampai kita yang menertibkan, tetapi malah anggota tidak tertib," ujarnya.

Berbarengan dengan Operasi Simpatik, tambah ?Satria Putra, dalam 3 hari hingga 3 April, Polres Tanjungpinang juga melaksanakan Operasi Bina Kusuma Seligi 2015, berupa operasi patroli gabungan Polisi bersama Satpol PP Kota Tanjungpinang dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan bagi pelajar. 

"Sasaran Operasi Bina Kusuma Seligi, adalah siswa sekolah yang di luar saat jam belajar, warnet, mall dan lokasi lainnya saat malam hari," katanya.

Dalam 3 hari pelaksanaan Operasi Bina Kusuma, Polisi dan Satpol PP berhasil mengamankan sejumlah pelajar yang bolos dan untuk proses pendataan serta penindakan diserahkan pada Satpol PP.

Editor: Dodo