Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perhatian Pusat dan Daerah Terhadap UMKM di Kepri Masih Kurang
Oleh : Surya
Selasa | 31-03-2015 | 16:45 WIB
Haripinto.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komite IV DPD RI Haripinto Tanuwidjaja asal Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda) se-Kepulauan Riau (Kepri) diminta untuk mengembangkan pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) di Kepri.


Menurut, Senator Haripinto Tanuwidjaja, perhatian dan peran aktif pemerintah pusat dan pemerintah daerah se-Kepri masih dirasakan sangat kurang.

"Akses pembiayaan dan pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM di Kepri dirasakan masih sangat kurang. Perhatian dan peran aktif pemerintah (pusat dan daerah) sangat diharapkan," kata Haripinto dalam Laporan Kegiatan di Daerah Anggota DPD  Provinsi Kepri pada 19 Pebruari-22 Maret 2015 yang telah dilaporkan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang III Tahun Sidang 2014/2015 beberapa hari lalu.

Haripinto mengatakan, perhatian dan peran aktif pemerintah pusat dan pemerintah daerah se-Kepri tidak saja dalam menyediakan dan meningkatkan akses pembiayaan dan pengembangan usaha, baik dalam bantuan dana bergulir, kredit modal/usaha.

Namun, juga menggiatkan balai-balai latihan kerja dan badan sertifikasi keahlian, termasuk dukungan pembiayaannya. 

"Para pekerja yang ingin meningkatkan keterampilannya melalui pelatihan dan sertifikasi profesi perlu dibantu, karena biaya untuk mendapatkan sertifikasi tidaklah kecil," katan Anggota Komite IV DPD RI ini. 

Editor : Surya