Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Bumbu Dapur Mulai Merangkak
Oleh : Ali/TN
Minggu | 03-07-2011 | 14:20 WIB

Batam, batamtoday - Bulan Ramadhan masih lumayan jauh, tetapi harga-harga bumbu dapur di Batam mulai merangkak naik.

Pantauan batamtoday di Pasar Bontania, Batam Center, Minggu 3 Juli 2011, harga cabe merah naik hingga 25 persen, dari Rp20.000 per kg sehari sebelumnya, kini dijual dengan harga Rp 25.000 per kg.

Cabe rawit, tidak kurang 'pedasnya', kemarin masih dijual Rp15.000 per kg, tapi sekarang berkisar Rp18.000 per kg.

Bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan, meski tidak mencolok, bawang merah dijual Rp15.000 per kg dan bawang putih Rp16.000 per kg.

Arman, salah seorang pedagang mengatakan, kenaikan harga-harga bumbu dapur akan terus menunjukan tren kenaikan, begitu pula dengan harga barang-barang kebutuhan pokok lainya, hingga nanti puncaknya pada bulan ramadhan dan Idul Fitri.

"Ya, ada kenaikan, meski belum besar, tetapi lumayan terasa, seperti harga cabe merah, mas, naik sampai lima ribu untuk per kilonya. Dan harga masih akan terus naik, karena menjelang ramadahan dan hari taya Idul Fitri," prediksi Arman yang  mengaku sudah puluhan tahun berjualan bumbu dapur.

Zaenab, salah seorang ibu rumah tangga ketika ditemui kepada batamtoday mengaku mulai khawatir dengan kenaikan harga-harga. Dia mengaku saat ini mengallami kesulitan keuangan, karena dia baru saja mendaftarkan dua nakanya ke SMA dan SMP, sementara sebentar lagu ramadhan tiba, dan harga-harga sudah mulai merangkak naik.

"Wah, harga-harga sudah mulai naik, mana uang udah gak pegang, habis buat bayar anak masuk sekokah, bagaimana ini, mas?" kata Zaenab terlihat bingung,

Yanti, ibu rumahtangga lainya berharap pemerintah benar-benar memantau pergerakan harga di pasar, karena saat ini para orangtua sedang kesulitan keuangan, sehabis mendaftar anaknya sekolah di tahun ajaran baru ini.