Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berduet dengan Demokrat Maupun PDIP, PKS Optimis Dulang Suara di Pilkada Batam
Oleh : Roni Ginting
Senin | 30-03-2015 | 18:11 WIB
Ketua_DPD_PKS-Batam-Taufik1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPD PKS Kota Batam, Taufik Hermawan. (Foto: Roni Ginting/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyiapkan dua figur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Batam, yakni Ria Saptarika dan Abdul Rahman LC. Namun PKS belum memutuskan apakah akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan atau Partai Demokrat.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Batam, Taufik Hermawan, mengatakan, berdasarkan hasil survei, elektabilitas Ria Saptarika cukup tinggi. Apabila dipasangkan dengan Rudi, calon Wali Kota Batam dari Partai Demokrat, maka akan mendulang suara lebih dari 50 persen. Demikian pun jika digandeng dengan PDI Perjuangan, mereka juga optimis akan menang.

"Jadi, posisi PKS saat ini cukup seksi. Kemungkinan masih terbuka lebar. Kita belum putuskan," kata Taufik Hermawan, Senin (30/3/2015). (Baca juga: Dahlan Sebut PKS Sudah Dukung, PKB Masih Belum Pasti)

Taufik juga mengaku baru saja melakukan pertemuan dengan Rudi, Sekretaris Partai Demokrat Batam yang sejak jauh hari sudah menyatakan keputusan untuk maju dalam pilkada Batam. Dalam pertemuan tersebut, Rudi mengaku bahwa hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), posisi Ria Saptarika untuk mendampingi Rudi ternyata paling tinggi.

"Keputusannya nanti, saya kira sekitar bulan Juni sebelum tahapan pilkada. Dalam politik semua harus benar-benar dihitung," ujarnya.

Dia menjelaskan, prosedur di PKS dalam penentuan calon dan koalisi dalam pilkada, DPD diberikan prioritas jika dipersentasikan 75 persen di tangan DPD, sedangkan 25 persen keputusan DPW.

"Sekarang tinggal seperti apa komunikasi politiknya. Kalau gabung dengan Demokrat cukup kuat. Kalau PKS dengan PDI Perjuangan juga akan seru," tuturnya. (*)

Editor: Roelan