Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kata Sani, Tidak Ada Klaim Tiongkok Rebut Kepulauan Natuna
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 28-03-2015 | 10:43 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Sani, menegaskan bahwa tidak ada laporan yang ia terima terkait isu kepulaun Natuna yang diklaim oleh Pemerintah Tiongkok.

Menurutnya laut perbatasan di Kepulauan Natuna memang sering dikenal dengan sebutan Laut China Selatan, namun hal tersebut bukan lantas Kepulauan Natuna diklaim oleh Tiongkok.

"Saya belum dengar kalau Tiongkok mau merebut Natuna dari kita," kata Sani, Jumat (27/3/2015) sore.

Ia jelaskan sebagai kepala daerah pastinya akan menjaga wilayahnya tersebut dari agar tidak direbut oleh negara lain, seperti pembangunan trasportasi dan di beberapa sektor akan terus Pemprov Kepri lakukan

Namun jika kabar tersebut memang adanya ia katakan itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Tapi ia berkeyakinan bahwa Tiongkok tidak akan berani klaim Kepulauan Natuna yang masih masuk dalam Provinsi Kepri tersebut. Maka itu gubernur yang akan mencalonkan periode berikutnya tersebut tidak khawatir sama sekali.

"Kita tetap memperhatikan pembangunan di wilayah kita, fokusnya adalah transportasi, kalau ada klaim dari negara lain itu tanggung jawab pemerintah pusat bukan kita lagi," katanya.

Editor: Dodo