Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Afrika Selatan Jajaki Peluang Investasi di Batam
Oleh : Ahmad Romadi
Senin | 23-03-2015 | 18:37 WIB
ahmad_dahlan_batik.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Afrika Selatan tertarik menanamkan investasinya di Batam. Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia, Pakamisa Augustine Sifuba, bersama rombongan, pada Senin (23/3/2015) siang telah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, di kantor Pemko Batam, guna menjajaki peluang tersebut.

Dahlan yang ditemui usai pertemuan menjelaskan bahwa kedatangan Dubes Afrika Selatan ke Batam sengaja ingin melihat lebih jauh peluang investasi yang ada di Batam. "Katanya, banyak kesamaan antara negaranya dan Batam, di mana banyak pengusaha asing," kata Dahlan.

Dahlan pun juga menyambut baik rencana negara yang baru berkembang seperti Afrika Selatan tersebut untuk berinvestasi di Batam. Namun ia katakan bahwa pihak Afrika Selatan sendiri masih melakukan penjajakan, dan belum bisa memastikan di bidang apa yang akan diinvestasikan ke Batam.

"Sepertinya lebih di bidang shipyard. Tapi belum bisa dipastikan. Mereka meminta MoU (memorandum of understanding) dengan kita nanti, tapi kita arahkan sesuai prosedur bahwa kalau antarnegara, terlebih dahulu ke Pusat dan gubernur, baru ke kita," jelas Dahlan. (*)

Editor: Roelan