Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lampu Lalin di Simpang Batubesar Tak Berfungsi Sejak 2014
Oleh : Hadli
Jum'at | 20-03-2015 | 11:28 WIB
simpang batubesar.jpg Honda-Batam
Simpang Batubesar di Nongsa yang tak berfungsi lampu pengatur lalinnya.

BATAMTODAY.COM, Batam - Lampu pengatur lalu lintas di simpang tiga Batubesar, Kecamataan Nongsa terpantau sudah tidak aktif sejak 2014 lalu. Kondisi ini sangat membahayakan pengguna jalan lainnya dan masyarakat sekitar.

Dian, warga sekitar menuturkan semenjak pembukaan jalan baru dari Bandara Hang Nadim Batam, pada Oktober 2014 lalu oleh PT Alam Beringin Masa dan pelebaran jalan, lampu merah di simpang tersebut sudah tidak berfungsi. 

"Kalau di jam-jam tertentu terjadi kemacetan, karena kendaraan besar seperti truk pasir dan truk angkutan tanah yang melakukan cut and fill dan reklamasi pantai di Kampung Jabi dan Kabil tidak mau mengalah dengan kendaraan yang lebih kecil," ujarnya, Jumat  (19/3/2015). 

Di simpang lampu merah Batubesar terdapat satu Pos Satuan Patroli Lalu Lintas Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalulintas Polda Kepri Induk II Batam, Simpang Batubesar, Kecamatan Nongsa. Namun petugas jarang mengatur arus jalan tersebut. 

"Akibatnya tak jarang kendaraan mau tabrakan. Ditambah lagi banyak pelanggaran lalu lintas di jalan tersebut," katanya kembali. 

Simpang Batubesar, merupakan jalan menghubungkan tiga arah. Dari simpang Bandara Hang Nadim menuju Batubesar didapati jalan dua arus, namun jalan yang baru di bangun sekitar 1 kilo tersebut belum dibuka pemerintah. 

Simpang Batubesar juga menghubungkan jalan satu arus menuju rumah penduduk, perhotelan, resort, lapangan golf dan Pelabuhan Ferry Nongsa Pura, Kelurahan Sambau serta menghubungkan jalan dari arah Kabil yang padat dengan transportasi proyek. 

Editor: Dodo