Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mitsubishi Galant Terbakar di Depan Makodim 0316 Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 19-03-2015 | 19:26 WIB
mboil_terbakar.jpg Honda-Batam
Mobil yang terbakar mengalami kerusakan parah pada bagian mesinnya. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah mobil Mitsubishi Galant merah BP 1614 ZK milik Adit (25), warga Sengkuang, terbakar di jalan raya satu arah dari lampu merah Seraya menuju Batuampar, depan Makodim 0316/Batam pada Kamis (19/3/2015) petang. Tidak ada korban jiwa, namun mesin yang berada di bagian depan mobil diperkirakan rusak parah dalam musibah yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB itu.

Diduga, kebakaran yang berasal dari dalam mesin tersebut diakibatkan korsleting pada kabel kelistrikan mobil. "Tiba-tiba berasap dan keluar api," kata Adit, pemilik mobil yang masih di lokasi kejadian.

Beruntung petugas pemadam kebakaran yang dihuhugi langsung mendatangi lokasi dan dapat memadamkan api sehingga yang terbakar hanya bagian depan mobil.

Diceritakan Adit, ia merasakan mobil berasap sejak melaju dari arah Rumah Sakit Budi Kemuliaan menuju simpang Makodim 0316 Batam. Setiba di persimpangan jalan searah yang mengharuskan ia belok kiri tersebut, rem mobil juga ikut blong.

"Saya dari Seraya. Rencana mau pulang ke Sengkuang. Pas di tanjakan dari arah Rumah Sakit Budi Kemuliaan menuju Simpang Kodim ini, saya merasa ada asap yang keluar dari bagian depan. Niat mau berhenti, tapi remnya juga blong," terang Adit.

Untuk menghentikan mobil, Adit berniat melaju ke arah pepohonan yang berada di dalam taman jalan. Namun stir mobil bisa ia kendalikan dan akhirnya berhenti di pinggir jalan yang berjarak sekitar 100 meter dari simpang Makodim.

"Pas berhenti itu asapnya sudah banyak keluar. Api juga mulai terlihat. Untung pemadam kebakaran cepat datang dan api tidak sampai besar," tambahnya.

Pantauan di lokasi, api menghanguskan bagian depan mobil. Selain itu, bagian mesin terlihat mengalami rusak parah. Akibatnya, mobil derek didatangkan ke lokasi. Selain itu, petugas polisi dari Sauan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Barelang juga turun ke lokasi untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

"Mau saya bawa ke bengkel langsung, Mas. Ini nunggu mobil derek dulu. Bagian dalam mobil (mesin) sepertinya rusak parah. Baru kali ini seperti ini. Saya juga tidak tahu penyebabnya apa. Mungkin karena kabel kali," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan