Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Listrik Hidup, Tower Telkomsel di Pesona Asri Malah Nyaris Terbakar
Oleh : Habibi
Kamis | 19-03-2015 | 17:08 WIB
tower_terbakar.jpg Honda-Batam
Tower telekomunikasi di Pesona Asri, Tanjungpinang yang nyaris terbakar.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebuah tower telekomunikasi yang disebut milik Telkomsel di kawasan Pesona Asri, Km.8, Tanjungpinang nyaris terbakar pada Kamis (19/3/2015) sekitar pukul 14.00 WIB.

Penyebab nyaris terbakarnya tower tersebut diduga akibat korsleting setelah sebelumnya listrik di kawasan tersebut menyala dari pemadaman rutin. Tower  yang terletak di RT 2 RW 1 Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur yang juga masih dalam kawasan perumahan tersebut memercikkan api dan mengeluarkan asap.

Lama kelamaan, api pun membesar dan menjalar hingga kelahan kosong yang terletak di belakangan komplek perumahan tersebut. Bahkan rumah salah satu warga yang berdampingan dengan tower hampir disambar api. Beruntung warga tanggap dan cepat mengambil langkah pertama memadamkan api sebelum pemadaman kebakaran datang setengah jam setelah si jago merah membesar.

"Sekitar setengah jamlah damkar baru datang," ujar Bambang, salah warga yang tinggal di kawasan tersebut.

Warga mengaku tidak tahu pasti penyebab kebakaran tersebut, mereka menduga bahwa api dikarenakan terjadi arus pendek di tower tersebut. Pasalnya Bambang yang rumahnya berhadapan dengan tower tersebut melihat ada asap yang muncul dari arah tower.

"Memang beberapa hari ini mesinnya seperti ada masalah, cuma kami tidak tahu, yang saya lihat memang apinya datang dari sana," tutur Bmbang.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 15.00 WIB oleh petugas damkar yang baru datang ke lokasi pada pukul 14.30. Syukur, api hanya melahap lahan kosong yang berada tepat di belakang komplek tersebut, dan rumah warga tidak ada kerusakan.

"Alhamdulillah rumah warga aman, Karena cepat diantisipasi, kalau tidak habis juga," tutur Bambang.

Dari pengakuan Bambang, tower tersebut adalah milik Telkomsel, dan telah terbangun sejak 12 tahun silam. Kendati demikian, saat dimintai keterangan terkait kebakaran yang terjadi pada tower tersebut, pihak Telkomsel yang turut hadir memeriksa namun mereka tidak mau memberikan keterangan.

"Saya hanya teknisi, tidak bisa bicara masalah ini, langsung saja ke bos kami pak," tutur salah satu karyawan Telkomsel saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Agustiawarman mengaku belum mendapatkan hasil penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

"Untuk penyebab masih kemungkinan - kemungkinan saja, belum tahu pasti, yang jelas warga bilang ada percikan api di tower saat lampu hidup, mungkin korsleting," ujar Agus.

Editor: Dodo