Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Jamin Sumber Air Bersih di Anambas Cukup
Oleh : Nursali
Selasa | 17-03-2015 | 18:38 WIB
tengku_mukhtaruddin_-_safari_dprd.JPG Honda-Batam
Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin, menjamin sumber air bersih di Anambas cukup untuk kebutuhan masyarakat. Hal ini dikemukannya di hadapan para peserta musyawarah perencanaan pembangunan daerah (musrenbangda) untuk usulan anggaran tahun 2016 mendatang, Selasa (17/3/2015). 

Dia menjelaskan bahwa proyek air bersih yang sedang dikerjakan saat ini memakan waktu dua tahun, yaitu pada tahun anggaran 2014 dan tahun 2015. Air tersebut nantinya akan didistribusikan sampai ke rumah-rumah penduduk yang berada di wilayah Tarempa.

"Kalau bapak berjalan ke Rintis, di sepanjang jalan berserakan pipa besar. Pipa itu akan mengalirkan dan mendistribusikan air ke rumah-rumah penduduk. Sumber airnya berasal dari Gunung Lintang," kata Mukhtaruddin di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Tarempa, Selasa siang.

Dia mengakui, kota Tarempa sebagai ibu kota Kepulauan Anambas, akan mengalami kesulitan air pada saat musim kemarau. Hal ini disebabkan daerah kepulauan itu memiki struktur daerah berbatuan yang keras hingga warga setempat kasulitan membuat galian sumur di rumah pribadi mereka masing-masing.

Menurutnya, warga Tarempa hanya dapat memanfaatkan curah hujan atau air yang mengalir dari gunung sebagai sumber kehidupan. Mukhtaruddin sendiri mengaku pernah menugaskan para camat setempat dan jajaranya untuk mengatur pembagian air yang berada di pusat kota Tarempa.

"Dimohon kepada bapak dan ibu sekalian untuk menaati jadwal pembagian air. Kalau tidak tertib, maka di sinilah akan terjadi perselisihan antara kelompok dengan kelompok lainnya dan akhirnya yang disalahkan pemerintah juga," ujar Mukhtaruddin. (*)

Editor: Roelan