PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pilkada, DP4 di Anambas Alami Peningkatan
Oleh : Nursali
Senin | 16-03-2015 | 08:47 WIB
pilkada1.jpg honda-batam

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Kepulauan Anambas bakal mengalami peningkatan pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Anambas dan Kepri.

Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat menunjukkan pada pemilu legislatif lalu tercatat jumlah DPT sebanyak 29.579 pemilih. Dan saat ini, jumlah penduduk Anambas yang masuk Data Penduduk Potensial Pemilih (DP4) mencapai 30.591 jiwa.

Menurut Kepala Disdukcapil Anambas, Agus Basyir, peningkatan DP4 tersebut dikarenakan bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu dalam kurun waktu satu tahun ini masih banyaknya anak sekolah menengah atas atau sederajat yang belum mengurus dan atau memiliki kartu tanda penduduk. Sehingga kemungkinan meningkatnya DPT akan terus terjadi.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat guna mendata siswa-siswa yang telah melebihi usia 17 tahun, sebab siswa telah berhak memliki KTP meskipun menyandang status pelajar.

Hasil pendataan pihaknya nanti akan langsung dikoordinasikan kembali kepada KPU dan Panwaslu setempat mengenai data yang diperoleh untuk menghindari kesalahfahaman saat Pilkada Desember 2015 mendatang.

"Sekarang saja masih banyak anak sekolah yang sudah SLTA belum punya KTP, kemungkinan mereka ada yang kelas 8 atau kelas 9. Nanti staf kita yang akan langsung turun ke sekolah untuk pendataaan sebelum pelaksanaan pilkada," kata Agus, Minggu (15/3/2015) siang.

Editor: Dodo