PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meubelair di SD Swasta Veritas Batam Benar Sumbangan Pribadi PT SKS
Oleh : Charles Sitompul/Gokli
Kamis | 12-03-2015 | 09:09 WIB
sd_veritas_batam.jpg honda-batam
SD Swasta Veritas di Batam.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Direktur Utama PT Semangat Karya Sentosa (SKS), Micha membenarkan 50 kursi dan 20 meja yang diberikan ke SD Swasta Veritas di RT08/RW16 Baloi Kolam, Kecamatan Batam Kota, sebagai sumbangan pribadi, yang tak ada kaitan dengan dana bantuan hibah Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri tahun 2014.

"50 kursi dan 20 meja yang berikan ke SD swasta Veritas Batam itu sumbangan pribadi saya. Tidak ada kaitanya dengan proyek hibah Disdik Kepri," tegas Micha, saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Rabu (11/3/2015).

Meja dan kursi itu, kata Micha, merupakan stok lama di tokonya yang belum terjual. Bahkan, dia merasa bersimpati dengan SD Swasta Veritas Batam sehingga memberikan meja dan kursi itu secara cuma-cuma. (Baca: Tak Pernah Terima Bantuan Pemerintah, SD Veritas Lebih Sering Dibantu Kalangan Swasta)

"Saya pernah lihat SD Swasta Veritas, kondisinya kekurangan kursi dan meja. Itu bantuan pribadi saya," ujar dia.

Dia juga berpendapat, pengadaan meubelair yang tidak sampai ke sekolah-sekolah atau tidak dilaksanakan sesuai daftar di Rancangan Umum Pengadaan (RUP) APBD Kepri tahun 2014, sebaiknya diusut penegak hukum. Perbuatan seperti itu, kata dia, tidak terpuji dan merusak moral anak bangsa.

"Tak betul namanya itu, harus dilaporkan ke penegak hukum," kesalnya.

Selain dana bantuan hibah sebesar Rp 137.162.500, SD Swasta Veritas Batam juga terdaftar sebagai penerima dana pengadaan meubelair sebesar Rp 12.000.000 yang dianggarkan dalam APBD Perubahan tahun 2014. Sayangnya, bantuan itu sama sekali tidak pernah sampai ke sekolah tersebut.

Hal ini dibenarkan Kepala Sekolah SD Swasta Veritas, Cotje Schadouw saat dikonfimasi belum lama ini. Ia mengaku mendapat bantuan dari pihak swasta, bukan Disdik Kepri. (Baca: SD Veritas Batam Tegaskan Tak Terima Bantuan Disdik Kepri Sepeser Pun)

"Kami tak pernah menerima bantuan hibah dari Disdik Kepri di tahun 2014. Meja dan kursi ini bantuan swasta yang diberikan Januari 2015, lalu," tegasnya.

Editor: Dodo