Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah Ibu Hamil Pengidap HIV di Batam Menurun 67 Persen
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 11-03-2015 | 18:21 WIB
ilustrasi_wanita_hamil-ok.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Batam - Angka ibu hamil di Batam yang menularkan HIV kepada bayinya menurun 67 persen pada 2014 dibandingkan dengan data 2013. Penurunan ini berkat upaya pencegahan dini yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam setelah setiap ibu hamil selalu diprioritaskan untuk memeriksa kesehatanya di puskesmas dan rumah sakit.

"Kalau ibu hamil itu selalu kita cek ada virus HIV atau tidak. Data kami di tahun 2013, hampir 80 persen ibu hamil yang terjangkit HIV virusnya berpindah ke anaknya. Namun pada tahun 2014 kami menerapkan sistem pencegahan dini di mana hasilnya hanya 13 persen saja ibu hamil yang menularkan virus HIV ke anaknya," kata Sri Rupiati, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyegahan Lingkungan, Dinkes Batam, Rabu (11/03/2015).

Dia menjelaskan, jika ditemukan virus tersebut maka pihak rumah sakit akan berkoordinasi dengan Dinkes. Selanjutnya, ibu hamil yang terserang HIV tersebut akan diberikan penanganan khusus sehingga virus tersebut tidak pindah ke anaknya.

penanganan khusus yang dimaksudkan adalah ibu hamil bersangkutan selalu disuplai obat-obatan secara teratur. "Cara ini cukup efektif dan terbukti kan kalau cuma 13 persen ibu hamil yang menularkan virus HIV," ujar Sri.

Ia mengatakan, untuk mensukseskan program ini pihaknya sudah membangun jaringan dengan empat rumah sakit besar di Batam. "Budi Kemulian, Elizabeth, Embung Fatimah, dan Awal Bros selalu memberikan laporan ke kami tentang penyakit berbahaya itu," ujarnya.

Sri menambahkan, Dinkes juga berkoordinasi dengan seluruh puskesmas di Batam. Sejumlah bidan juga sudah dilatih sehingga mereka bisa mendeteksi lebih dini adanya virus HIV pada ibu hamil.

"Ada 23 bidan yang sudah kami latih dan tersebar di Kota Batam sehingga penyebaran virus tersebut dapat dicegah," katanya. (*)

Editor: Roelan