Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Jamin Stok Raskin Aman Hingga Akhir Tahun
Oleh : Redaksi
Senin | 09-03-2015 | 15:11 WIB
ilustrasi_stok_beras_bulog.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah menjamin stok beras untuk warga miskin (raskin) aman hingga akhir tahun. Pemerintah juga menyiapkan dana Rp9,5 triliun untuk pengadaan raskin hingga Juli.

"Stok di gudang Bulog cukup tersedia, dijamin stok raskin cukup hingga Desember 2015," kata Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, dalam keterangan tertulis, Senin (9/3/2015).

Dia meminta masyarakat tak perlu khawatir. Saat ini, stok raskin pada posisi 1,4 juta ton dan kebutuhan raskin secara nasional 2,78 juta ton. "Stok raskin selama satu tahun sudah disiapkan pemerintah melalui APBN, baik yang sudah dibeli maupun yang belum," ujar Mensos.

Ia menyebutkan, pada Maret ini di beberapa daerah sedang panen raya, sehingga Perum Bulog bisa melakukan pengadaan raskin.

Selain itu, kata Chofifah, Dirut Perum Bulog juga menjamin bahwa jika ditemukan pada raskin di bawah standar atau jelek, bisa dikembalikan dan ditukarkan dengan beras yang baru dan berkualitas.

"Kalau masih ditemukan raskin di bawah standar, seperti berkutu, berbatu dan berwarna kuning agar warga penerima raskin menukarkan dan mengembalikan ke gudang divisi regional (divre) dan subdivre Perum Bulog terdekat," kata Khofifah.

Menurut Mensos, Raskin diberikan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran karena setiap keluarga berhak mendapatkan 15 kilogram beras tiap bulan dengan harga tebus 1.600 per kilogram. (*)

Editor: Roelan